Rabu, 29 Januari 2020

Tiru Kota Tua Jakarta, Pemkot Bandung Canangkan Larangan Parkir di Jalan Braga Panjang

- 15 Januari 2020, 19:01 WIB
Mobil-mobil parkir di Jalan Braga, Kota Bandung.* /ARMIN ABDUL JABBAR

PIKIRAN RAKYAT - Kajian terkait rencana mensterilkan Jalan Braga panjang, Kota Bandung dari parkir mobil, maupun sepeda motor tengah berproses.

Rencana tersebut bermaksud membuat Jalan Braga menjadi lokasi wisata, sebagaimana Kota Tua di DKI Jakarta. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, terdapat beberapa destinasi wisata di Jalan Braga.

Destinasi tersebut mempunyai daya tarik yang berpotensi memikat masyarakat, termasuk yang berasal dari luar Kota Bandung.

Baca Juga: 2 Manfaat Konsumsi Semangka untuk Kecantikan

"Kajian terkait rencana pelaksanaan langkah tersebut tengah berproses. Kami bakal menyiapkan konten (atraksi) guna menunjang destinasi wisata," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu 15 Januari 2020.

Perihal mesin parkir elektronik di sepanjang Jalan Braga, Yana mengatakan, ada pemindahan ke titik lain yang juga berpotensi. Menurut dia, beberapa ruas jalan di sekitar (Jalan) Braga memerupakan titik yang juga cocok untuk penempatan mesin parkir.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, EM Ricky Gustiadi menuturkan, sudah menemui dan menginformasikan rencana mensterilkan lokasi parkir kendaraan kepada para pemilik, atau pengelola toko di sepanjang Jalan Braga.

Baca Juga: Inspirasi Menggunakan Jepit Rambut untuk Tampilan Lebih Chic dan Manis

Hal itu bagian dari persiapan seumpana rencana tersebut dilaksanakan pada masa mendatang.

Para pemilik, atau pengelola toko, menurut Ricky, setuju akan rencana tersebut dengan syarat ada lahan parkir pengganti.

"Para pemilik, atau pengelola parkir mengharapkan lokasi lahan parkir pengganti tak jauh daripada yang ada saat ini," ucap Ricky.

Baca Juga: Kontroversi Anggaran Pertahanan Amerika Serikat di Bawah Donald Trump, Pengamat Nilai Tidak Pernah Konsisten

Ricky mengatakan, Jalan Braga panjang bakal menjadi ikon wisata baru yang mengedepankan ruang (space) beserta suasana heritage di Kota Bandung . Hal itu merupakan kebijakan dari pimpinan Pemkot Bandung.

Jajaran Dishub Kota Bandung beserta unsur forum Lalu Lintas Angkutan Jalan lainnya, ucap Ricky, telah mengadakan rapat guna mengkaji rencana tersebut. Terdapat beberapa kali agenda rapat lagi, kemudian membuat rencana pelaksanaan di lapangan. Berdasarkan perkiraannya, pelaksanan rencana itu sekitar Februari, atau Maret 2020.

"Ketika mulai pelaksanaan nanti, Forum LLAJ yang mengosongkan parkir di sepanjang Jalan Braga," ucap Ricky. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X