Kamis, 2 April 2020

Ini Penjelasan Ilmiah Asal Kepulan Asap di Jalan Kota Bandung, Aspal Dibongkar

- 14 Januari 2020, 14:15 WIB
PEMBONGKARAN jalan di persimpangan Jalan Dr. Djunjunan-Cipaganti yang mengeluarkan asap oleh Dinas PU Kota Bandung, Selasa 14 Januari 2020.* /MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR

PIKIRAN RAKYAT - Ruas jalan yang sempat mengeluarkan kepulan asap di persimpangan Jalan Cipaganti-Dr Djunjunan (Pasteur) dibongkar.

Pembongkaran dilakukan petugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung sejak 8.30, Selasa 14 Januari 2020.

Pembongkaran dilakukan untuk memastikan penyebab utama kepulan asap. Pembongkaran dilakukan dengan mengunakan jackhammer.

"Tidak terdapat kabel dan pipa saat kami bongkar, kami sudah berkoordinasi juga dengan PLN dan Telkom. Memang tidak ada kabel atau pipa di tempat itu. Telkom juga mengatakan tidak ada jalur di situ, dan benar adanya,” ujar Pelaksana Teknis Pemeliharaan Jalan dan Saluran Drainase UPT Cibeunying Dinas PU Kota Bandung Asep Suryana, Selasa 14 Januari 2020.

Baca Juga: Viral Video Kepulan Asap Muncul dari Aspal, Damkar Kota Bandung Beri Penjelasan

loading...

Baca Juga: Telkom University Berbangga, Setyanto Hantoro Dilantik Jadi Dirut Baru Telkomsel

PEMBONGKARAN jalan di persimpangan Jalan Dr. Djunjunan-Cipaganti yang mengeluarkan asap oleh Dinas PU Kota Bandung, Selasa 14 Januari 2020.*
PEMBONGKARAN jalan di persimpangan Jalan Dr. Djunjunan-Cipaganti yang mengeluarkan asap oleh Dinas PU Kota Bandung, Selasa 14 Januari 2020.*

Menurut Asep, kepulan asap putih tersebut keluar dari bawah aspal karena lapisan cat hitam yang tidak senyawa dengan aspal merah di bawahnya. Sementara cat tersebut merupakan marka jalan milik Dishub Kota Bandung.

"Aspal yang di bawah bagian jalan akan naik dan menguap jika terkena panas. Tekanan dari bawah itu mengenai cat hitam yang tidak senyawa yang berakibat timbulnya asap," katanya.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X