Malam Tahun Baru, Pemkot Cimahi Kerahkan Takesi dan Tim Patih untuk Sisir Keramaian

- 30 Desember 2019, 15:46 WIB
ILUSTRASI. Suasana Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi. Malam tahun baru, jalanan kota cimahi dipastikan padat dengan warga yang merayakan malam tahun baru. Pemkot Cimahi turut bersiap.* /DOK. PIKIRAN RAKYAT

PIKIRAN RAKYAT - Menghadapi malam Tahun Baru 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menyiapkan 50 personel tambahan untuk menjaga kebersihan Kota Cimahi. Diharapkan masyarakat ikut menjaga kebersihan dengan tidak buang sampah sembarangan di tempat berkumpul massa saat perayaan malam pergantian tahun tersebut.

Kepala DLH Kota Cimahi Mochammad Ronny mengatakan, personel tambahan akan bersinergi dengan petugas kebersihan tetap seperti Tim Kesana-kesini (Takesi) dan petugas kebersihan lainnya yang dikelola Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kebersihan DLH Kota Cimahi.

"Kami akan menambah 50 personel yang insidentil khusus tahun baru untuk membantu menjaga kebersihan Kota Cimahi," ujarnya, Senin 30 Desember 2019.

Baca Juga: Sederet Imbauan Pemkot untuk Warga Cimahi Jelang Malam Tahun Baru, Termasuk Bawa Kantong Sampah dari Rumah

Dikatakan Ronny, petugas kebersihan berstatus tetap jumlahnya mencapai 174 personel. Mereka dibantu petugas tambahan akan bersiaga menyapu sampah saat pergantian malam tahun baru.

loading...

"Petugas tambahan bekerja mulai jam 7 malam pergantian tahun baru sampai selesai. Nanti setelah mereka beres, disambung oleh petugas tetap," ucapnya.

Petugas kebersihan Kota Cimahi biasanya mengangkut 200 hingga 250 ton sampah perhari dari Tempat Pengolahan Sementara (TPS) untuk diangkut ke tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat. Petugas bergerak cepat mengatasi penumpukan sampah di sejumlah lokasi di Kota Cimahi pascaperayaan malam tahun baru untuk kenyamanan masyarakat.

Baca Juga: Polda Jabar Berhasil Selamatkan Rp 36 Miliar Uang Negara

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kata Ronny, tumpukan sampah biasanya terjadi di pusat keramaian seperti Alun-alun Cimahi, Gandawijaya, dan lainnya. Sebelum malam pergantian, pihaknya juga akan langsung menerjunkan Tim Patih (Patroli Kebersihan) untuk melakukan imbauan agar masyarakat tak membuang sampah sembarangan.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X