Selasa, 21 Januari 2020

Perempuan Identik dengan Dapur, Kasur, dan Sumur, Netty Heryawan: Jangan Sederhanakan

- 15 Desember 2019, 15:42 WIB
Perempuan.* /DOK. PR

 

BANDUNG, (PR).- Perempuan masih identik dengan dapur, kasur, dan sumur sebagai tempat yang cocok untuknya. Akibatnya, di ranah publik seperti parlemen, jumlah wakil rakyat perempuan di DPR baru 119 orang dari 575 orang.

"Sampai hari ini stereotype tersebut masih cukup kuat melekat di masyarakat. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengaitkannya dengan doktrin agama sehingga melabelkan perempuan yang keluar dari tiga tempat tersebut sebagai perempuan salah arah," kata anggota DPR Netty Peasetiyani, Minggu 15 Desember 2019.

Istri dari mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan itu mengingatkan agar jangan menyederhanakan peran perempuan sedemikian, sebab urusan dan kerumitan di tiga ruang tersebut amat dipengaruhi oleh kebijakan negara. 

"Sebut saja, harga bahan kebutuhan pokok, air bersih, listrik, kesehatan ibu, kesehatan anak, kecerdasan anak, dan risiko kematian ibu dalam proses persalinan.  Semua itu tidak dapat dilepaskan dari kebijakan yang dihasilkan oleh proses politik," katanya.

Baca Juga: 5 Hal Seputar Perempuan Mandiri, Lebih Fokus ke Karier hingga Tak Lagi Suka Bergosip

Oleh karena itu, menurut Netty, bagaimana mungkin perempuan tidak  terlibat dalam ruang publik dan politik.

"Partisipasi perempuan  adalah sebuah keniscayaan untuk  kehidupan yang lebih baik dan berkeadilan. Bukan karena perempuan kurang kerjaan atau sekadar menuntut persamaan hak," ujarnya.

Menurut Netty yang terpilih sebagai anggota DPR RI Dapil Cirebon - Indramayu, negara membutuhkan andil dan karya perempuan untuk melahirkan kebijakan yang ramah bagi perempuan, anak, keluarga, dan seluruh elemen bangsa.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X