Kamis, 23 Januari 2020

Sarat Masalah sejak Perencanaan sampai Penggusuran, Begini Kronologi Proyek Rumah Deret Tamansari

- 14 Desember 2019, 10:25 WIB
SEJUMLAH Satpol PP dan Polisi menghadang warga, kuasa hukum dan aktivis saat berlangsungnya proses pembongkaran rumah warga di RW 11 Tamansari, Kota Bandung, Kamis, 12 Desember 2019. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung menyebut eksekusi lahan yang dilakukan tersebut tidak sesuai dengan prosedur hukum pihak warga masih melayangkan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung terkait izin lingkungan pembangunan Rumah Deret.*/ARIF HIDAYAH/PR /


BENTROK fisik dalam penggusuran warga di lahan bakal proyek rumah deret, di RW 11 Tamansari Kota Bandung, Kamis, 13 Desember 2019, merupakan puncak dari timbunan masalah.

Mulai dari sosialisasi yang tidak tepat sasaran, penyelenggaraan lelang yang terkesan tergesa-gesa, hingga ketiadaan sertifikat tanah.

Rencana pembangunan rumah deret di Tamansari, sebelumnya dijuduli rumah susun sederhana sewa (rusunawa), sudah muncul sejak 2007.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] PT Sartonia Agung, Pengembang Proyek Rumah Deret Tamansari Bandung Masuk Daftar Hitam LKPP

Ketika itu wali kota dijabat Dada Rosada. Selain Tamansari, Pemkot juga menyasar kawasan Jamika. Pada 2011, Kementerian Perumahan Rakyat ingin menjadikan proyek pembangunan rusunawa di Tamansari sebagai program prioritas nasional.

Ketua RW 11 Tamansari Rudi Sumaryadi mengingat, warga memuji konsep pembangunan rusunawa ketika itu karena setiap keluarga dijanjikan bakal memperoleh dua unit kamar di rusun.

Satu untuk ditinggali, satu untuk disewakan. Konsep ini, menurut Rudi, setidaknya akan menjamin adanya penghasilan tambahan yang menopang kehidupan warga secara ekonomi.

Baca Juga: Pernyataan Ridwan Kamil soal Rumah Deret Tamansari, Itu Proyek Pro Rakyat 

Di era Wali Kota Ridwan Kamil, yang menjabat mulai September 2013, proyek rusunawa di Tamansari dijuduli rumah deret. Pemberian nama baru seperti ini jamak dilakukan Ridwan. Proyek rusunawa lainnya di kawasan Rancacili, misalnya, dinamai apartemen rakyat.

Sosialisasi pertama pembangunan rumah deret, yang bakal berdampak pada hidup sekitar 200-an kepala keluarga (KK), dilangsungkan di Pendopo Kota Bandung pada 20 Juni 2017.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X