Jumat, 28 Februari 2020

Pernyataan Ridwan Kamil soal Rumah Deret Tamansari, Itu Proyek Pro Rakyat

- 14 Desember 2019, 07:11 WIB
SEJUMLAH warga korban penggusuran paksa mengungsi di Masjid Al-Islam di RW 11 Tamansari, Kota Bandung 13 Desember 2019. Warga memilih untuk tinggal sementara di dalam Masjid karena kebanyakan aktivitas warga dekat dengan wilayah tersebut.* /ARIF HIDAYAH/PR

BANDUNG, (PR), - Mantan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil buka suara perihal rumah deret Tamansari, usai penggusuran warga yang berujung bentrokan dengan aparat.
Ia bertutur, prosesnya sudah berlangsung sejak masa kepemimpinan Ridwan Kamil dulu, yang kini menjadi Gubernur Jawa Barat.

Dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Ridwan mengatakan, terkait Rumah Deret Tamansari, Wali Kota Bandung, Oded M Danial, sudah beritikad baik.

Kamis, 12 Desember 2019, Oded menemui langsung warga terdampak dan memberikan solusi. Mereka, warga, akan diberi kontrakan selama setahun, selama pembangunan berlangsung.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Ditanya Wacana Copot Predikat Peduli HAM Soal Kericuhan Tamansari, Ini Jawabannya

Seperti halnya mayoritas 176 warga yang sudah pindah sementara terlebih dahulu untuk nanti balik lagi.

Program penataan kawasan kumuh Tamansari ini sudah diinisiasi sejak tahun 2007. Ridwan Kamil melanjutkan, itu sejak Wali Kota Dada Rosada atas program pemerintah pusat melalui Kementerian Perumahan Rakyat saat itu.

Proses ini dilanjutkan finalisasinya oleh saya pribadi selaku Walikota terdahulu dan sekarang dieksekusi oleh Walikota Oded M. Danial.

"Jika pembangunan selesai, maka para warga penyewa lahan negara tersebut AKAN KEMBALI ke area milik negara tersebut dan mendapatkan hak unit hunian yang lebih luas, lebih sehat, jauh dari kekumuhan dan lebih manusiawi," tutur Ridwan Kamil, Sabtu, 14 Desember 2019.

Baca Juga: Mang Oded Janjikan Rumah Kontrakan untuk Korban Penggusuran Tamansari

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X