Jumat, 24 Januari 2020

[EKSKLUSIF] PT Sartonia Agung, Pengembang Proyek Rumah Deret Tamansari Bandung Masuk Daftar Hitam LKPP

- 14 Desember 2019, 08:45 WIB
PENGGUSURAN di Tamansari, Kota Bandung, Kamis, 12 Desember 2019.* /ARIF HIDAYAH/PR

 
BANDUNG, (PR).- PT Sartonia Agung, pemenang tender proyek rumah deret Tamansari Kota Bandung, tercatat bermasalah. Perusahaan itu masuk dalam daftar hitam aktif yang dikeluarkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Perusahaan konstruksi yang berkantor di bilangan Gambir, Jakarta tersebut tersandung proyek pembangunan Politeknik Perikanan Kelautan (KP) Jembrana, Bali. Nilainya mencapai Rp 44,3 miliar pada 2017 lalu.

Pikiran-rakyat.com menelusuri daftar hitam yang termuat di inaproc, portal pengadaan barang/jasa pemerintah secara nasional yang dikelola oleh LKPP.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Ditanya Wacana Copot Predikat Peduli HAM Soal Kericuhan Tamansari, Ini Jawabannya

Daftar hitam ini terintegrasi dengan semua portal pengadaan di berbagai instansi dan pemerintah di setiap jenjang. Tidak terkecuali, portal Lelang Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bandung yang memuat paket lelang proyek rumah deret.

Sebagaimana termuat dalam portal inaproc, diketahui PT Sartonia Agung telah melanggar Peraturan LKPP Nomor 17 Tahun 2018 Pasal 3 huruf g.

Bunyi lengkap pasal tersebut: “Penyedia tidak melaksanakan kontrak, tidak menyelesaikan pekerjaan, atau dilakukan pemutusan kontrak secara sepihak oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) yang disebabkan oleh kesalahan Penyedia Barang/Jasa.”

Baca Juga: Bangun LPSE, Pemkab Bandung Barat Habiskan Dana Rp 1 M Lebih

Sanksi daftar hitam, artinya pelarangan keterlibatan PT Sartonia Agung dalam seluruh lelang elektronik secara nasional, berlaku selama dua tahun, dari 31 Juli 2018 hingga 31 Juli 2020.

Pikiran-rakyat.com melacak rincian proyek yang gagal dituntaskan oleh PT Sartonia Agung dengan mengakses portal LPSE Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X