Selasa, 28 Januari 2020

Kabupaten Tasikmalaya Dapat Bantuan Keuangan Terbesar dari Pemprov Jabar, Pengamat: Mencolok dan Menimbulkan Curiga

- 11 Desember 2019, 10:29 WIB
ILUSTRASI bantuan keuangan.* /ANTARA FOTO

BANDUNG, (PR).- Kabupaten Tasikmalaya ­mendapatkan alokasi bantuan ­keuangan paling besar dari ­Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 2020. Bantuan keuangan sebesar Rp 744,6 miliar sudah disepakati ­pemerintah dan DPRD Jawa Barat.

Bantuan keuangan dengan jumlah besar juga dialokasikan untuk Pa­ngandaran sebesar Rp 596,8 miliar, Garut Rp 549,5 miliar, dan Majalengka Rp 456,6 miliar.

Kota Tasikmalaya, tetangga Kabupaten Tasikmalaya, mendapat Rp 269,2 miliar dan Banjar mendapatkan alokasi pa­ling kecil yaitu Rp 58 miliar. Adapun nilai jumlah bantuan keuangan Pemprov Ja­bar 2020 mencapai Rp 7,7 tri­liun.

Baca Juga: Di Tengah Laporan Uu Ruzhanul Ulum Atas Dugaan Penipuan, Renovasi Masjid Agung Baiturrahman Diklaim Rampung

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Padjadjaran Yogi Supar­yogi menuturkan, jumlah bantuan untuk Kabupaten Tasikmalaya cukup mencolok sehingga bisa menimbul­kan kecurigaan.

Meskipun hal itu ti­dak terlepas dari niatan Pemprov Jabar yang akan memeratakan pem­ba­ngun­an di wilayah selatan.

”Ini menarik, Kabupaten Tasikma­laya. Kenapa besar apakah bantuan ke desa atau seperti apa. Oke, ka­tanya program Pak Gubernur untuk one pesantren one product (OPOP), mungkin ada bantuan itu. Tapi persoalannya bukan hanya di situ,” ujarnya, Selasa, 10 Desember 2019.

Baca Juga: Bank Emok Jerat Warga Kabupaten Tasikmalaya

Yogi mengaku terkejut dengan alokasi anggaran bantuan keuangan untuk Kabupaten Tasikmalaya. Namun, dia enggan berprasangka di balik penganggaran tersebut.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X