Selasa, 28 Januari 2020

'Multiplier Effect' Perubahan Rute Pesawat Bandara Husein Sastranegara, Okupansi Hotel Turun Sampai Ekonomi Lesu

- 11 Desember 2019, 07:28 WIB
BANDARA Husein Sastranegara.* /DOK. ANGKASA PURA II

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung kukuh mengusulkan layanan Bandara Husein Sastranegara kembali sebagaimana semula. Yakni kembali menyediakan rute penerbangan pesawat jet ke, dan dari luar Jawa.

Hal itu karena perubahan rute pesawat di bandara itu, berdampak okupansi hotel menurun. Aktivitas perekonomian di bandara dan sekitarnya, termasuk pendapatan asli daerah juga melorot.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, berdasar data yang diterima dari asosiasi beserta perhimpunan pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata.

Baca Juga: Bandara Husein Sastranegara Bandung Seperti Makam

Oleh karena itu, koordinasi intensif dilakukan dengan Kementerian Perhubungan. Untuk menyampaikan usulan pengembalian rute Bandara Husein, Pemkot Bandung secara resmi dengan berkirim surat ke Kementerian Perhubungan.

Ema mengatakan, usulan tersebut merupakan rembukan berbagai elemen di Kota Bandung, eksekutif, legislatif, dan asosiasi pariwisata.

"Harapannya, rute penerbangan pesawat jet ke, dan dari luar Jawa dapat kembali tersedia di Bandara Husein Sastranegara," kata Ema di ruangannya, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa, 10 Desember 2019.

Baca Juga: Pemprov Jabar Dorong Terus Kertajati Tanpa Mematikan Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Lain

Pajak hotel, ujarnya, restoran, hiburan, dan parkir mendominasi PAD Kota Bandung. Penurunan jumlah kunjungan, terutama yang berwisata ke Kota Bandung menyebabkan pendapatan hotel, restoran, hiburan, parkir menurun.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X