Senin, 20 Januari 2020

Kasus Dulu HAM Kerap Lamban Diusut, Mahfud MD: Sekarang Kekuasaan Sudah Terbagi, Tidak Seperti Orde Baru

- 10 Desember 2019, 13:55 WIB
Mahfud MD menyampaikan soal lambannya pengusutan kasus HAM di Indonesia saat hadir di peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia di Bandung. /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, menghadiri peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-71 tahun 2019 di Bandung.

Dalam pidatonya, Mahfud MD menyebut lambannya penyelesaian kasus Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia disebabkan oleh proses demokrasi yang sulit bertemu denngan penentuan keputusan.

"Sekarang kekuasan sudah terbagi, tidak seperti orde baru, sekarang semuanya ikut menentukan (penyelesaian kasus HAM), demokrasi dan penentuan keputusan tidak pernah bertemu, makanya lambat. Ada yang sudah selesai tapi sedikit sekali," kata Mahfud saat berpidato, sebagaimana Pikiran-Rakyat.com kutip dari pemberitaan Antara.

Baca Juga: Kasus Bupati Non-aktif Supendi, Kasat Reskrim Polres Indramayu Dipanggil KPK

Mahfud menganggap hal tersebut merupakan konsekuensi daripada peningkatan kualitas demokrasi sejak era reformasi.

Walaupun demikian, Mahfud mengatakan bahwa mekanisme penyelesaian HAM saat ini sudah terlembaga.

"Saat ini sudah dibuat UU HAM, Komnas HAM jadi lembaga, kita sudah lakukan itu, masalah yang terkait pelanggaran HAM," tambahnya.

Baca Juga: Karakter Si Juki Siap Kolaborasi dengan Spongebob Squarepants

Ada sebanyak 12 kasus HAM peninggalan masa lalu yang masih belum menemukan titik temu. Namun, Mahfud memastikan, pada era pasca reformasi ini HAM lebih terjamin karena penegakannya tidak hanya dalam bidang hukum.

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X