Selasa, 21 Januari 2020

Pelayanan Pemerintah Kota Bandung Paling Banyak Dilaporkan Warga di Jawa Barat

- 10 Desember 2019, 13:15 WIB
SEORANG Aparatur Sipil Negara berjalan keluar dari kantornya usai jam kerja di Balai Kota, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin, 9 Desember 2019. /ARIF HIDAYAH/PR

BANDUNG,(PR).- Selama 2019, Ombudsman Jawa Barat banyak menerima pengaduaan terkait pelayanan Pemerintah Kota Bandung. Disusul laporan pengaduan terhadap Pemerintah Kabupaten Bandung, kemudian Subang.

Berdasarkan rilis yang diterima PR, laporan yang disampaikan Ombudsman terhadap pemerintah daerah (kabupaten/kota), jumlah terbanyak masih dipegang Pemerintah Kota Bandung sebesar 50% atau 39 Laporan.

Peringkat kedua adalah Pemerintah Kabupaten Bandung dengan persentase 13% atau 10 Laporan. Peringkat ketiga adalah Pemerintah Kabupaten Subang dengan persentase 6% atau 5 Laporan. Peringkat keempat adalah Pemerintah Kabupaten Karawang dengan persentase 6% atau 5 Laporan dan Kelima, masing masing diisi oleh Pemerintah Kabupaten Garut, Pemerintah Kabupaten Cirebon, dan Pemerintah Kabupaten Cianjur dengan persentase sama sejumlah 5% atau 3 Laporan.

Sedangkan untuk sisanya sebesar 21% atau 16 Laporan, diisi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota lain yang secara persentase kurang dari 5%.

Baca Juga: Ombudsman Minta Nadiem Makarim Tidak Hanya Urus Digitalisasi Pendidikan

Berdasarakan data yang tercatat sampai dengan November 2019, Laporan Masyarakat yang diterima oleh Ombudsman mengalami peningkatan sebesar 3,19% dibanding tahun sebelumnya.

Pada Tahun 2019, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat telah menerima 189 laporan masyarakat mengenai dugaan maladministrasi pelayanan publik dengan kategori Instansi Terlapor yang menduduki jajaran teratas yakni:

1) Pemerintah Daerah Kab/Kota dengan 78 Laporan (41%);
2) Kepolisian (Polsek, Polres, dan Polda) 18 Laporan (9,5%);
3) Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah dengan 15 Laporan (8%);
4) Kantor/Badan Pertanahan Nasional dengan 14 Laporan (7,4 %);
5) Pemerintah Propinsi dengan 14 Laporan (7,4 %).

Baca Juga: Listrik Padam, Pelayanan Publik Pemkot Cimahi Lumpuh

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X