Sanksi Tegas Akan Mengintai Perusak Lingkungan di Kabupaten Bandung

- 9 Desember 2019, 18:40 WIB
LAHAN pertanian memenuhi sebagian besar Kawasan Bandung Utara (KBU) yang semula merupakan kawasan resapan, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis, 10 Oktober 2019. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat mencatat, dari total luas KBU yang mencapai 40.000 hektare, sekitar 70 persen diantaranya telah beralih fungsi sehingga berpotensi mengakibatkan berbagai macam bencana seperti banjir bandang, serta longsor di Kota Bandung.*/ANTARA /

SOREANG (PR)- Pemerintah Kabupaten Bandung akan segera menyusun peraturan bupati untuk menindak perambah hutan dan oknum petani yang tak mengindahkan kelestarian lingkungan.

Dalam aturan tersebut dilansir akan termuat sanksi tegas bagi pelanggar dan penghargaan bagi mereka yang berjasa terhadap lingkungan.

Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Bandung selama ini harus diakui terjadi akibat kelalaian manusia.

Baca Juga: Sepasang Kekasih Diamankan Polisi karena Cekcok di Jalanan Bandung

"Sekali lagi saya bukan menyalahkan, tetapi harus dipahami bahwa memang ada yang salah," ujarnya kepada wartawan, Senin 9 Desember 2019.

Menurut Dadang, salah satu kesalahan yang mungkin menjadi pemicu banjir bandang adalah pola tanam. Ia menilai seharusnya petani menyadari pentingnya sabuk gunung untuk mencegah erosi.

"Sabuk gunung itu harus ada tanamannya. Yang cocok itu kaliandra, rumput gajah, odot, kopi dan tanaman keras lainnya. Saya mengerti petani sayuran itu takut tanamannya tidak terkena cahaya matahari, tetapi banyak pohon keras yang bisa diperpendek," kata Dadang.

Baca Juga: Puluhan Preman Diamankan Polres Cimahi, LSM Jadi Kedok Aksi Premanisme

Dadang berharap petani tidak pelit dalam menyisihkan sebagian lahannya untuk tanaman keras. Jangan sampai ujung tebing pun dipaksakan untuk ditanami sayuran seperti bawang.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X