Rabu, 29 Januari 2020

Tak Lagi Khawatir Dilanda Banjir Setinggi Lutut, Warga Dayeuhkolot: Bisa Pesen Perahu

- 7 Desember 2019, 13:27 WIB
Warga tengah mengangkut sepedanya sembari menembus banjir di Bojong Asih, Kecamatan Dayeuh Kolot, Bandung pada Sabtu, 7 Desember 2019. /Farida Al-Qodariah/PR

BANDUNG (PR) - Warga yang tinggal di Kecamatan Dayeuhkolot, Kota Bandung, Jawa Barat biasanya tak aneh lagi dengan bencana banjir setiap kali musim hujan tiba.

Hujan yang lama mengguyur pada Jumat, 6 Desember 2019 malam memang telah dikhawatirkan akan mendatangkan banjir di wilayah Kecamatan Dayeuhkolot, Kota Bandung.

Kekhawatiran tersebut terbukti terjadi pada Sabtu, 7 Desember sekitar pukul 01.00 WIB, RW setempat mengadakan pengumuman melalui Kantor RW Bojong Asih.

Baca Juga: Pilkada 2020, Bawaslu Kabupaten Bandung Sudah Pikirkan Pemungutan Suara Ulang

Isi pengumuman tersebut bertujuan untuk membangunkan warganya agar waspada terhadap barang-barang di rumah sebab banjir bandang telah melanda.

Bencana banjir yang kerap kali terjadi selama sepuluh tahun terakhir, telah menjadi fenomena yang tak asing lagi bagi warga Deyeuhkolot.

"Gitu weh, sebenernya jadi ada rutinitas setiap kali banjir tiba," kata Iceu (55), warga setempat yang ditemui Pikiran-Rakyat.com pada Sabtu, 7 Desember 2019.

Baca Juga: Puskesmas di Kabupaten Bandung Kelebihan Beban, Satu Unit Layani 60.000 Warga

Iceu mengatakan, rutinitas tersebut seperti membersihkan lumpur di pagi hari agar halaman rumah kembali bersih ketika air surut.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X