Selasa, 21 Januari 2020

Batas Wilayah Berubah, Ini Harapan Warga Cimahi

- 6 Desember 2019, 10:15 WIB
ALIRAN sungai melintasi perumahan di Kel. Cigugur Tengah Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Rabu 16 Oktober 2019.* /HARRY SUJANA/PR

CIMAHI, (PR) - Pergeseran wilayah administrasi sebagian kawasan di Kompleks Taman Mutiara dari Kelurahan Cigugur Tengah menjadi Kelurahan Karangmekar disambut baik masyarakat. Pergeseran wilayah tersebut menjadi imbas terbitnya Peraturan Wali Kota Cimahi No. 13/2019 tentang Batas Wilayah Kelurahan Kota Cimahi. 

Perubahan yang paling signifikan terjadi di Kompleks Taman Mutiara, sedangkan daerah lain hanya berimbas penegasan batas wilayah saja antar kelurahan saja.

Ketua RW 16 Karangmekar M. Amin (53) mengatakan, semula batas wilayah antara Kelurahan Cigugur Tengah dan Kelurahan Karangmekar berupa ruas jalan utama di kompleks tersebut.

"Wilayah permukiman terbagi jalan besar utama. Jadi, tetangga sebrang jalan sudah beda kelurahan. Sekarang, satu kompleks masuk satu kelurahan dengan batasnya benteng kompleks dengan permukiman warga," ujarnya.

Baca Juga: Jadi Korban Bully, Remaja Putri di Garut Nekad Bunuh Diri

Menurut Amin, warga mendukung perubahan tata batas tersebut. "Jadi kita bisa kompak. Dulu ada dua kelurahan agak butuh waktu untuk koordinasi. Karena posisi Kelurahan Karang Mekar di jalan raya, bisa mudah dalam akses pelayanan," imbuhnya.

Selain bikin lebih kompak, lebih lanjut disampaikan, masyarakat berharap dengan perubahan ini pelayanan yang terfokus pada satu kelurahan bisa diakses dengan lebih mudah.

Perubahan tata batas sudah disosialisasikan sebelumnya ke masyarakat. "Pihak kelurahan juga sering turun untuk koordinasi. Ya kami harapkan pelayanan juga bisa lebih cepat respon ya," ucapnya.

Baca Juga: 12 Kesepakatan Rakornas Kementerian Kelautan dan Perikanan

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X