Jumat, 24 Januari 2020

Batas Wilayah Berubah, Warga Cimahi Beramai-ramai Ganti Alamat Dokumen Pertanahan

- 5 Desember 2019, 13:46 WIB
/RIRIN NUR FEBRIANI

CIMAHI, (PR).- Terbitnya Peraturan Wali Kota Cimahi No. 13/2019 tentang Batas Wilayah Kelurahan Kota Cimahi, berimbas pada pergeseran wilayah administrasi. Contohnya sebagian warga di Kompleks Taman Mutiara dari Kelurahan Cigugur Tengah kini masuk menjadi bagian Kelurahan Karangmekar. Hal itu ditindaklanjuti dengan pemutakhiran data pajak bumi bangunan (PBB) maupun alamat sertifikat tanah.

Pada Kamis 5 Desember 2019, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Cimahi bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Cimahi dan Kelurahan Karangmekar, menggelar layanan RW Tuntas PBB di Kompleks Taman Mutiara. Warga pun berbondong-bondong mengurus dokumen pajak dan mengganti dokumen pertanahan.

"Pemerintah sebelumnya sudah sosialisasi perubahan kelurahan ini. Dengan adanya layanan ini ya terbantu daripada ngurus sendiri atau pakai notaris bisa mahal," ujar Akmal (53).

Baca Juga: Polres Cimahi Akan Terapkan Pola Pengamanan 24 Jam, Ini Teknisnya

Ketua RW 16 Karangmekar, M Amin (53) mengatakan bahwa sedikitnya terdapat 226 bidang tanah yang harus berubah alamat dari Cigugur Tengah ke Karangmekar. "Masyarakat antusias dengan kerjasama ini, mempermudah karena banyak yang bisnis atau di luar kota sehingga mau meluangkan waktu mengurus pajak dan sertifikat," ujarnya.

Perubahan wilayah kelurahan, lanjut Amin, juga memberi kepastian layanan pemerintah di kawasan tersebut. "Dari semula terbagi 2 kelurahan sekarang satu kelurahan, pelayanan pemerintah bisa lebih pasti. Harapan kami semua urusan dokumentasi pajak dan sertifikat ini bisa tuntas semua," katanya.

Ketua Tim Lapangan RW Tuntas PBB Bappenda Kota Cimahi Fauzan Hadi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut menindaklanjuti Perwal No. 13/2019 tentang Batas Wilayah Kelurahan Kota Cimahi.

"Yang paling signifikan di RW 16 ini, Taman Mutiara awalnya terbagi dua kelurahan jadi satu kelurahan di Karangmekar. Makanya kita jemput bola perbaikan data PBB disinkronkan dengan data kelurahan terbaru," ujarnya.

Baca Juga: Letusan Meriam Peninggalan Abad ke-17 Warnai HUT Armed di Cimahi

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X