Senin, 16 Desember 2019

Letusan Meriam Peninggalan Abad ke-17 Warnai HUT Armed di Cimahi

- 4 Desember 2019, 14:29 WIB
MERIAM peninggalan Abad ke-17 di HUT Armed.* /RIRIN NUR FEBRIANI

CIMAHI, (PR).- Letusan meriam sapu jagat peninggalan bersejarah mewarnai peringatan HUT Korps Artileri Medan (Armed) ke-74 di Pusdik Armed, Jalan Baros, Kota Cimahi, Rabu 4 Desember 2019.

Momentum 74 tahun pengabdian Armed menjadi wahana evaluasi sekaligus mewujudkan harapan dan komitmen bersama dalam rangka membangun kebanggaan dan kejayaan Korps Armed TNI AD. Peringatan HUT Armed kali ini mengambil tema "Armed TNI AD Profesional, Unggul, Kebanggaan Rakyat".

"HUT Armed ke-74 tahun merupakan usia cukup dewasa. Tema ini mengandung makna bahwa prajurit Armed memiliki karakter dan kepribadian yang unggul, mampu menghadapi segala tantangan, profesional dalam melaksanakan tugas serta senantiasa menjadi kebanggaan rakyat Indonesia," ujar Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan Brigadir Jenderal TNI Purbo Prastowo SIP. MM.

Baca Juga: Modernisasi Alutsista TNI AU Ditarget Rampung 2024

Aksi meletuskan meriam 'sapu jagat' dilakukan oleh tim khusus yang terdiri atas para perwira dan purnawirawan korps Armed. Meriam tersebut merupakan keluaran abad ke-17 yang hingga saat ini masih bisa digunakan dan ditembakkan sebagai sombolis penembakan meriam sapu jagat.

"Letusan meriam sapu jagat merupakan tradisi tahunan tiap peringatan HUT Armed. Pelayan meriam merupakan prajurit dan purnawirawan terbaik yang masing-masing personel sangat berprestasi. Supaya warga Armed yang lain bisa melihat dan mencontoh mereka," katanya.

Rangkaian peringatan HUT Armed diawali dengan kegiatan bakti sosial, anjangsana, dan lomba olahraga. "Lebih banyak kegiatan sosial bersama masyarakat dan menumbuhkan kebersamaan dengan personel Armed," ucap Purbo.

Baca Juga: Lewat Sampel Arang dan Serangga, IPB Teliti Efek Kebakaran Hutan Kalimantan

Aksi bakti sosial di antaranya bedah rumah 2 unit milik warga di desa binaan Citande yang kondisinya memprihatinkan. Pihaknya juga menebarkan 15 ekor kambing di desa binaan untuk meringankan beban hidup masyarakat dengan kegiatan beternak. Juga disebar 400 boks sembako dan lainnya.


Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X