Sabtu, 7 Desember 2019

Penggunaan Plastik Sekali Pakai Terus Dikurangi, Pemkot Bandung Apresiasi Gojek

- 3 Desember 2019, 18:14 WIB
#PlastikDetox.* /YULISTINE KASUMANINGRUM/PR

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung kembali menegaskan komitmennya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik hingga 100% di tahun 2025. Dukungan masyarakat dan dunia usaha menjadi salah satu poin penting untuk mendukung upaya tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Kamalia Purbani mengatakan, pengurangan penggunaan alat makan plastik sekali pakai merupakan salah satu program yang sejalan dengan Kang Pisman melalui pengurangan sampah di hulu sebelum menjadi sampah sebagai bentuk upaya preventif sehingga jumlah timbulan sampah plastik dapat dikurangi.

"Kami mengapresiasi Gojek sebagai layanan pesan-antar makanan yang memfasilitasi mitra merchant agar dapat mengambil peran aktif untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai ketika memenuhi kebutuhan kuliner masyarakat kota Bandung," katanya di Bandung, Selasa 3 Desember 2019.

Baca Juga: Peduli Sampah Plastik, Sheryl Sheinafia Rilis Single Positif

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek Rosel Lavina mengatakan pihaknya ingin berkontribusi dalam upaya pengurangan sampah plastik yang menjadi salah satu isu utama lingkungan di Indonesia saat ini.

Apalagi, sebagai layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, GoFood memiliki 500.000 mitra merchant dengan sekitar 50 juta transaksi per bulan.

Menyadari pentingnya kontribusi yang dapat diberikan. Rosel mengatakan pihaknya memfasilitasi mitra merchant dengan pelatihan sadar lingkungan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

"Upaya yang kami lakukan adalah memfasilitasi mitra merchant dengan menyediakan pilihan bagi pelanggan untuk tidak memesan alat makan plastik sekali pakai ketika memesan makanan dari merchant yang berpartisipasi. Di Bandung, 99% pelanggan GoFood memilih untuk tidak memesan alat makan plastik sekali pakai," katanya.

Baca Juga: Dunia Usaha Dukung Pengurangan Sampah Plastik


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X