Sabtu, 7 Desember 2019

Laporan Sarang Tawon Meningkat, Sudah Ada Warga Cimahi Tersengat

- 3 Desember 2019, 14:42 WIB
TANGAN warga Cimahi tersengat tawon Vespa.* /

CIMAHI, (PR).- Koloni tawon Vespa Affinis turut meneror Kota Cimahi. Laporan masyarakat soal keberadaan sarang tawon turut melonjak hingga 4 kali lipat.

"Dalam semalam ada 2 sampai 3 titik sarang tawon yang kami tangani. Selama 2 minggu ini sudah ada 15 laporan dari warga. Normalnya dalam sebulan hanya 4 laporan," ujar Komandan Regu I Damkar Kota Cimahi Indrahadi, Selasa 3 Desember 2019.

Dalam beberapa kasus serangan tawon Vespa Affinis bisa menyebabkan korban manusia yang tersengat meninggal dunia dengan kondisi tubuh membengkak.

Baca Juga: Tawon Vespa Meneror, Ini Tips Mengatasi Serangannya

"Di Cimahi sudah ada warga yang jadi korban sengatan tawon ini di bagian tangan, sampai bengkak. Beruntung tidak sampai meninggal dunia," katanya.

Menurut Indrahadi, koloni tawon biasa membangun sarang besar di dahan pohon yang tinggi. Umumnya berada di hutan sebagai habitat aslinya.

Namun aktivitas manusia, seperti perambahan hutan, merampas tempatnya bersarang hingga tawon beralih hidup di atap-atap rumah warga dan di pelataran.

Baca Juga: Tawon Vespa Sudah Tewaskan 19 Orang di Jawa Tengah, Ilmuwan Turun Tangan

Untuk penanganan tawon, dilakukan  pembiusan menggunakan bensin dengan media busa. Selain itu, petugas wajib memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

"Kita lakukan penanganan saat malam karena kawanan tawon sedang berkumpul jadi penanganan lebih mudah. Petugas wajib pakai peralatan standar agar tidak terkena sengatan tawon," katanya.


Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

X