Jumat, 13 Desember 2019

Apa Kabar Pembangunan Alun-alun Bandung Timur?

- 3 Desember 2019, 11:45 WIB
LAHAN Lapangan Urug Cipadung, Jalan AH Nasution, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, yang pada tahun 2017 diwacanakan akan ditata untuk menjadi Alun-alun Bandung Timur.* /RETNO HERIYANTO

BANDUNG,(PR).- Hingga akhir 2019 ini, sejumlah infrastuktur Bandung Timur belum ada tanda-tanda akan dibangun. Masyarakat khawatir lahan terbengkalai akan dikuasai pihak tidak bertanggungjawab.

“Pembangunan Alun-alun Cibiru atau Bandung Timur sering diungkapkan sejak masa Pak Dada Rosada, Kang Emil, sampai Mang Oded. Bahkan pada 2017 kembali diwacanakan bersamaan dengan Alun-alun Cicendo, Sukajadi, dan ruang publik lain," ungkap Hasanudin, salah seorang tokoh pemuda dari Cisurupan, Cibiru.

"Tapi hanya Alun-alun Cicendo yang terealisasi, sementara Alun-alun Cibiru dan Sukajadi hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan dibangun,” lanjut dia, dalam diskusi Pembangunan Kawasan Bandung Timur Mandeg, Senin 2 Desember 2019 di Teras Sunda Cibiru, Jalan AH Nasution.

Baca Juga: Direnovasi, Ridwan Kamil Sebut Pusdai Tak Lagi Identik dengan Gedung Resepsi Pernikahan

Selain Alun-alun, Pemkot Bandung mewacanakan akan membangun sejumlah infrastruktur di wilayah Bandung Timur. Di antaranya Mapolresta Bandung Timur dan Masjid Agung Bandung Timur.

“Wacana tentang pembangunan Alun-alun, Mapolresta serta Mesjid Agung pernah diwacanakan sejak tahun 2017 bersamaan dengan Kecamatan Cicendo. Tapi hingga menjelang akhir tahun 2019 tidak ada kejelasan,” ujar Hasanudin.

Sementara budayawan Bandung Timur, Wawan lebih menyoroti masalah tidak jadinya pembangunan ruang publik dan RTH di kawasan Bandung Timur.

“Kami sangat mengkhawatirkan dengan tidak dibangunnya beberapa ruang publik di Bandung Timur, dikhawatirkan tanah yang akan dibangun dikuasai pihak tertentu dan akan mendatangkan masalah baru,” ujar Wawan.

Baca Juga: APBD Cimahi Ditetapkan, DPRD Ingatkan Penataan Stadion Sangkuriang


Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X