Sabtu, 7 Desember 2019

2019 Sisa Sebulan, Anggaran Pemkot Cimahi Baru Terserap 65%

- 3 Desember 2019, 10:09 WIB
Logo Kota Cimahi /DOK PR

CIMAHI, (PR).- Penyerapan APBD Kota Cimahi 2019 masih berkisar 65,14%. Pemkot Cimahi hanya memiliki waktu sebulan untuk menyerap anggaran secara optimal.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Achmad Nuryana mengatakan bahwa progres penyerapan anggaran masih berlangsung hingga akhir tahun 2019.

"Sampai saat ini, realisasi capaian serapan anggaran tahun 2019 di Kota Cimahi baru mencapai 65,14 persen. Serapan anggaran terbagi ke dalam realisasi belanja tidak langsung sebesar 78 persen dan belanja langsung sebesar 56 persen," ujarnya ditemui di Kompleks Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Senin 2 Desember 2019.

Baca Juga: Banyak Sampah di Saluran Air, Cimahi Belum Bisa Bebas Banjir

Serapan anggaran terbanyak masih didominasi oleh Perangkat Daerah (PD) yang tidak mengelola belanja modal tinggi. Seperti kecamatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Inspektorat dan sebagainya. "Yang paling tinggi kecamatan," ucapnya.

Sedangkan, PD yang memiliki anggaran belanja modal langsung seperti Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR), Dinas Pendidikan hingga Dinas Kesehatan serapannya terbilang masih rendah.

"DPKP itu baru 47 persen, PU 34 persen, Disdik 31 persen, Dinkes 55 persen. Tapi itu untuk belanja langsung saja. Biasanya sampai akhir tahun rata-rata 85 persen," imbuhnya.

Baca Juga: Kawasan Kumuh di Kota Cimahi Capai 75,8 Hektare

Achmad menjelaskan, masih rendahnya serapan anggaran dikarenakan masih adanya pekerjaan fisik yang belum selesai. Seperti Mal Pelayanan Publik (MPP) milik DPUTR hingga pembebasan lahan di DPKP.


Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X