Selasa, 10 Desember 2019

Sampah Cemari Keindahan Curug Malela

- 2 Desember 2019, 22:50 WIB
OBJEK wisata Curug Malela di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.*/DOK. PR /null

NGAMPRAH, (PR).- Minimnya tempat pembuangan sampah di lokasi objek wisata Curug Malela, Kabupaten Bandung Barat dikeluhkan para pengunjung.

Soalnya, hal itu membuat sampah bertebaran di berbagai titik, sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung.

"Bukan hanya di sepanjang jalan, sampah juga banyak terdapat pada aliran sungai, sehingga wisatawan yang bermain di sekitar sungai merasa risih," kata Nia Prima Kaniawati, pengunjung yang juga pengemudi di salah satu agen travel, Senin, 2 Desember 2019.

Baca Juga: Bandung Lirik Wisata Gastronomi

Dengan kondisi itu, menurut dia, Curug Malela tidak seindah seperti yang ditampilkan dalam berbagai promosi dalam bentuk foto dan video.

Soalnya, keindahan tersebut terganggu dengan banyaknya sampah di lokasi objek wisata ini.

Seperti diketahui, penataan Curug Malela telah dilakukan dengan menggunakan anggaran bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat senilai Rp 3 miliar.
Penataan objek wisata di ujung selatan Bandung Barat tersebut di antaranya mencakup pembangunan plasa berbentuk lingkaran dengan diameter 15 meter, dan shelter berukuran 4x4 meter sebanyak 8 unit dengan jarak masing-masing 50 meter.

Lalu, ada juga jalur pedestrian sepanjang 120 meter, penataan taman, toilet, dan pembangunan jembatan sepanjang 3 meter yang menghubungkan plasa ke anjungan selfi berukuran 2x4 meter persegi.

Aktivis lingkungan yang juga menjabat Ketua Trapawana Jawa Barat, David Riksa Buana menilai, penataan Curug Malela yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih menyisakan berbagai persoalan.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X