Rabu, 26 Februari 2020

Pemprov Jabar Tandatangani Deklarasi Akhiri Epidemi HIV/AIDS di Indonesia

- 30 November 2019, 17:43 WIB
RIBUAN warga membentuk logo "red ribbon" terbesar, pada peringatan Hari HIV/AIDS Sedunia, di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu, 30 November 2019. Aksi yang diikuti kurang lebih 4000 orang dari berbagai unsur elemen masyarakat itu, dicatat oleh rekor MURI Red Ribbon terbesar.* /ADE BAYU INDRA/PR

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, dalam rangka mencapai target bebas AIDS 2030, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mengupayakan berbagai upaya.

Di antaranya, penguatan kelembagaan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kabupaten/kota, advokasi tentang HIV/AIDS, mitigasi Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), Youth SuperCamp, menyiapkan modul digital bagi remaja, konseling, hingga siraman rohani.

Teraktual, kata Ridwan Kamil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memprakarsai The Indonesian AIDS Conference (iAIDS) 2019 dengan tema Inovasi dan Kolaborasi Peran Pemerintah Daerah dalam Mengakhiri Epidemi AIDS di Tahun 2030.

Baca Juga: Prediksi Penyakit dengan Matematika Epidemiologi

Kegiatan itu digelar bersama KPA Jabar yang berlangsung 29 November hingga 1 Desember 2019. iAIDS dihelat sebagai ajang diskusi untuk merumuskan upaya Indonesia khususnya Bandung dalam mengakhiri epidemi AIDS di 2030. Konferensi ini juga menjadi kolaborasi seluruh pemerintah daerah serta pihak terkait untuk melahirkan inovasi program yang baik terkait upaya mengurangi angka AIDS.

Gubernur Jawa Barat bersama para kepala daerah se-Indonesia atau yang mewakilinya beserta sejumlah pihak terkait, menandatangani ‘Deklarasi Bandung: Untuk Mengakhiri Epidemi HIV AIDS di Indonesia pada Tahun 2030'. Deklarasi tersebut berisi komitmen dalam menjalankan strategi three zero.

“Kegiatan ini (iAIDS) betul-betul membuka ruang bagi semua stakeholder untuk berbagi ilmu, berbagi pengalaman, mencari peluang, inovasi terbaru, untuk bertekad (bebas AIDS) 2030 tercapai,” tutur Ridwan Kamil.

Baca Juga: Atalia Ridwan Kamil Sebut Pengembangan Diri Remaja Perlu Diperhatikan

Adapun berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dari 34 provinsi dan 507 kabupaten/kota yang telah melaporkan kasus HIV/AIDS secara reguler dan simultan.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X