Badan Otorita Cekungan Bandung Akan Dibentuk Awal 2020

- 28 November 2019, 14:40 WIB
SALAH satu proyek pembangunan di Kampung Cibengang, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Selasa, 12 Februari 2019. Pemanfaatan ruang di Kawasan Bandung Utara yang tidak terkendali akan mengancam keberlangsungan fungsi konservasi kawasan sebagai daerah tangkapan air dan menimbulkan berbagai bencana alam. */ARMIN ABDUL JABBAR/PR /Armin Abdul Jabbar

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, pihaknya mewacanakan pembentukan Badan Otorita Cekungan Bandung akan dibentuk pada awal 2020.

Saat ini, dikatakan Ridwan Kamil, pihaknya sedang melakukan pembahasan mengenai wacana pembentukan badan otorita tersebut.

“Sudah ada perpres-nya (peraturan presiden). Sedang pembahasan. Mungkin wacana itu awal tahun 2020 akan lebih teknis,” ungkap Ridwan Kamil saat dimintai tanggapannya mengenai wacana pembentukan Badan Otorita Cekungan Bandung seusai melepas peserta Patriot Desa di Gedung Sate, Kamis, 28 November 2019.

Baca Juga: Alih Fungsi Lahan Capai 70%, Kawasan Bandung Utara Sudah Sekarat

Dengan dibentuknya Badan Otorita Cekungan Bandung ini, lanjut Ridwan, diharapkan urusan lingkungan mengenai Kawasan Bandung Utara (KBU) dan lain-lainnya bisa diselesaikan badan otorita tersebut.

Disinggung mengenai aturan teknis pembentukan badan otorita ini, Ridwan Kamil tidak menjelaskan secara rinci hal tersebut. Termasuk kepastian waktu pembentukan badan otorita itu.

Sementara itu, DPRD Jawa Barat mendesak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil segera membentuk Badan Otorita Cekungan Bandung.

Pembentukan badan ini untuk mengatasi persoalan lingkungan di lima kota/kabupaten di wilayah cekungan Bandung yakni Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.

Ridwan Kamil sempat melontarkan pembentukan badan otorita ini pada September 2018 lalu yang ditujukan untuk membangun sebuah koordinasi efektif antardaerah di lima kota/kabupaten Bandung raya tersebut.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X