Sabtu, 14 Desember 2019

KPK Periksa 11 Saksi Kasus Suap Ruang Terbuka Hijau Kota Bandung

- 22 November 2019, 22:41 WIB
SUASANA di Gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung saat pemeriksaan 11 orang saksi kasus suap RTH 2012-2013, di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung pada Jumat 22 November 2019.*/MOCHAMMAD IQBAL MAULUD/PR

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 11 orang diperiksa sebagai saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap pengadaan tanah untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pemerintah Kota Bandung tahun 2012 dan 2013 silam. 

Pemeriksaan tersebut dilaksanakan‎ di Gedung Sat Sabhara, Kota Bandung, di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung pada Jumat 22 November 2019. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Berlangsung di lantai 2 gedung tersebut, para saksi secara bergantian menjalani pemeriksaan itu. Sementara informasi mengenai pemeriksaan ini diduga tidak diketahui secara masif, bahkan hanya ada dua media saja yang berada di lokasi.

Salah seorang penyidik KPK yang enggan disebutkan namanya menjelaskan, KPK berada di Kota Bandung sejak Senin, 18 November 2019.

"Jadi dari Senin hingga Rabu kami melakukan penggeledahan di beberapa tempat. Semisal di kediaman Tomtom Abdul Komar di Cikadut dan kediaman Dadang Suganda di Jalan Ahmad Yani," katanya.

Sementara untuk pemeriksaan saksi dilaksanakan di Sat Sabhara Polrestabes Bandung sejak Kamis 21 November hingga Jumat 22 November 2019. "Kami melakukan penggeledahan dan mengamankan beberapa dokumen," ucapnya.

Pada saat usai pemeriksaan, rombongan KPK yang terdiri dari 7 orang, 1 di antaranya adalah wanita, membawa 4 koper berukuran sedang. "Yang diperiksa tadi semuanya masih berstatus saksi," katanya.

Pemeriksaan saksi tersebut di antaranya adalah mengenai Perhitungan Kerugian Negara (PKN) dan keterlibatan para saksi dalam kasus suap tersebut.

"Para saksi selesai diperiksa sekira pukul 14.00 WIB dan langsung meninggalkan gedung ini," katanya.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X