Senin, 9 Desember 2019

Penyelundup Ganja Dituntut 20 Tahun Penjara

- 19 November 2019, 21:53 WIB
ILUSTRASI.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jabar menuntut Rian Ardiansyah (26) dengan hukuman 20 tahun penjara. Sementara rekannya, Muhammad Sidiq (23) dituntut hukuman 14 tahun penjara.

Jaksa menilai keduanya terbukti bersalah menyelundupkan ganja seberat 70 kilogram.

Demikian terungkap dalam sidang penyelundupan ganja dari Aceh seberat 70 kilogram, di Pengadilan Negeri (PN) Klas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Selasa, 19 November 2019.

Dalam amar tuntutannya, JPU Kejati Jabar Rika Fitrianirmala menyatakan, terdakwa Muhammad Sidiq dan Rian Ardiansyah terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemufakatan jahat tanpa hak melakukan perbuatan melawan hukum. Ganja kering yang beratnya lebih dari 1 kilogram atau lebih dari 5 batang sebagaimana dakwaan primair pasal 114 ayat (1) undang-undang No 35 tahun tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman maksimal seumur hidup.

"Menuntut terdakwa Muhammad Sidiq hukuman penjara 14 tahun dikurangi masa tahanan dan terdakwa Rian Ardiansyah 20 tahun penjara dikurangi masa tahanan," katanya dalam sidang yang dipimpin Toga Napitupulu.

Selain itu kepada kedua terdakwa juga dikenakan denda Rp 1 miliar atau diganti masa tahanan selama satu tahun. Atas tuntutan tersebut, kedua terdakwa bakal mengajukan pleidoi atau pembelaan.

Sementara untuk hal yang memberatkan, kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkotika. Yang meringankan bersikap sopan, mengakui perbuatannya dan belum pernah dihukum.

Dalam uraiannya, JPU  menyebutkan, perbuatan terdakwa berawal saat tim BNNP Jabar menerima informasi adanya transaksi narkotika jenis ganja di wilayah Bogor. Tim langsung melakukan penyelidikan dan mencurigai sebuah mini bus jenis inova yang diderek dari arah Jakarta menuju Bogor. 

Selanjutnya, saat tiba di wilayah Bogor mobil tersebut berhenti di salah satu toko ban. Kemudian tim dari BNNP Jabar melakukan penyergapan dan menemukan barang bukti narkotika jenis ganja kering yang disimpan dalam empat buah ban. 


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X