Senin, 9 Desember 2019

RSUD Cicalengka Luncurkan Aplikasi Pendaftaran Calon Pasien Secara Online

- 16 November 2019, 21:58 WIB
CALON pasien yang hendak berobat ke RSUD Cicalengka Kabupaten Bandung, memanfaatkan kemudahan pendaftaran calon pasien melalui aplikasi Campernik RSUD Cicalengka, Sabtu, 16 November 2019. Selain mempermudah masyarakat dalam hal pendaftaran pasien, diharapkan melalui aplikasi ini mampu mereduksi panjangnya antrian pasien di rumah sakit. Aplikasi pendaftaran calon pasien menggunakan NIK ini diklaim menjadi yang pertama kalinya diterapkan di Kabupaten Bandung bahkan secara nasional.*/ECEP SUKIRMAN/PR

SOREANG, (PR).- Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung, meluncurkan layanan aplikasi pendaftaran pasien secara online (dalam jaringan) melalui aplikasi Campernik RSUD Cicalengka.

Selain mempermudah masyarakat dalam hal pendaftaran pasien, diharapkan melalui aplikasi ini mampu mereduksi panjangnya antrian pasien di rumah sakit. Aplikasi pendaftaran calon pasien menggunakan NIK ini diklaim menjadi yang pertama kalinya diterapkan di Kabupaten Bandung bahkan secara nasional.

Direktur RSUD Cicalengka Yani Sumpena menjelaskan, aplikasi Campernik merupakan inovasi yang dikembangkan untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga, kata dia, masyarakat dapat melihat secara real time (langsung) untuk nomor antrian pasien dan jumlah pasien yang sedang ditangani dokter hanya melalui gawainya. Aplikasi ini, lanjut Yani Sumpena, sudah bisa diakses oleh masyarakat dan dapat diunduh melalui ponsel pintar berbasis android di play store-nya.

Dikatakan Yani, dengan aplikasi ini, masyarakat yang hendak berobat bisa datang ke rumah sakit menjelang giliran pemeriksaan calon pasien yang bersangkutan. Nomor antrian pendaftaran dan nomor tunggu calon pasien, kata dia, akan ditampilkan di fitur Campernik ini.

“Selama ini kalau daftar secara manual itu banyak waktu calon pasien yang terbuang. Campernik ini yaitu cara pendaftaran pasien berbasis NIK (nomor induk kependudukan). Semua warga negara pasti memiliki NIK. Artinya, data-data yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung bisa diadopsi sesuai dengan kebutuhan rumah sakit. Aplikasi seperti ini baru pertama kali di Kabupaten Bandung bahkan di nasional,” ujar dia seusai peluncuran aplikasi Campernik di RSUD Cicalengka, Sabtu, 16 November 2019.

Ke depannya, lanjut dia, aplikasi ini akan dikembangkan optimal untuk mengantisipasi terjadinya kendala.

Selain itu, pihaknya pun akan turut mengembangkan beberapa fitur layanan kesehatan masyarakat lainnya di dalam aplikasi ini. Selain bisa mendaftar secara online, fitur lainnya dalam Campernik RSUD Cicalengka ini masyarakat dapat melihat tempat tidur rawat inap yang masih tersedia.

“Ini kan salah satu keterbukaan kami kepada masyarakat mengenai ketersediaan tempat tidur rawat inap di rumah sakit kami. Meski demikian, untuk tempat tidur rawat inap ini ada klasifikasinya berdasarkan jenis penyakit tertentu,” kata dia seraya menambahkan saat ini jumlah tempat tidur mencapai 105 bed.

Meski saat ini pendaftaran calon pasien sudah bisa dilakukan melalui online, lanjut Yani, pihaknya pun tetap menyiagakan petugas untuk melayani masyarakat yang daftar secara manual. Hal itu dilakukan karena tidak semua masyarakat memiliki ponsel pintar. “Pendaftaran offline tetap kita sediakan,” tutur dia.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X