Sabtu, 14 Desember 2019

Cibiru Bandung Berupaya Hapus Stigma Anak dengan Disabilitas

- 14 November 2019, 17:36 WIB
CAMAT Cibiru Didin Dikayuana berbicara dengan Anak difabel saat melepas 198 Anak dengan Disabilitas pergi ke Kebun Binatang Bandung, Kamis 14 November 2019 di Teras Sunda Cibiru Jalan AH Nasution, Cipadung, Cibiru.*/RETNO HERIYANTO/PR

BANDUNG, (PR).- Gelar Peduli Anak dengan Disabilitas di Kecamatan Cibiru, Kota Bandung hapus stigma anak difabel sebagai beban keluarga.

Perlakuan khusus anak difabel di masyarakat mampu mengurangi beban keluarga dan anak dengan disabilitas.

“Harus kita akui bersama, selama ini masih ada keluarga, terutama dari golongan ekonomi menengah ke bawah, memiliki anak difabel, berarti akan sangat membebani. Hal inilah yang kami lakukan di kewilayahan Cibiru secara perlahan, dihapus dengan secara perlahan memberikan pengertian bahwa anak adalah titipan dan harus diperlakukan sewajarnya,” ujar Camat Cibiru Kota Bandung, Didin Dikayuana.

Pernyataan itu disampaikan saat melepas 198 Anak dengan Disabilitas pergi ke Kebun Binatang Bandung, Kamis 14 November 2019, di Teras Sunda Cibiru, Jalan AH Nasution, Cipadung, Cibiru.

Didin mengatakan, di Cibiru, saat ini tidak kurang dari 198 Anak dengan Disabilitas.

Akibat masih ada keluarga atau orangtua yang menganggap aib jika ada anggota keluarganya yang mengalami keterbatasan, hal tersebut mengakibatkan kecenderungan sulit membuka diri terhadap informasi.

Untuk mengubah pandangan di lingkungan keluarga dan warga terhadap Anak dengan Disabilitas, pemerintahan kecamatan Cibiru melakukan kerja sama dengan Psikolog dari Universitas Islam Negeri.

“Kegiatan berupa home visit, terapi, hingga pendampingan menuntut ilmu ke sekolah khusus, dan saat ini pergi ke Kebun Binatang Bandung yang menjadi program terapi,” ujar Didin.

Agus Erman, pendamping dari Komunitas Agus Agus membenarkan bahwa salah satu faktor utama yang membuat keluarga dengan anggota disabilitas menutup diri adalah pola pikir kolot.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X