Senin, 9 Desember 2019

Calon Dirut PD Pasar Bermartabat Harus Profesional

- 12 November 2019, 17:57 WIB
Pasar Baru Trade Center.*/ADE BAYU INDRA/PR

BANDUNG, (PR).- Calon Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, hendaknya memiliki integritas mengembangkan PD Pasar secara profesional. Jika pengelolaan PD Pasar Bermartabat ini dilakukan secara profesional, maka akan mampu kontribusi terhadap peningkatan pendapatan daerah Kota Bandung.

Demikian diungkapkan Ketua Asosiasi Pengembang dan Pengelola Pusat Pertokoan (AP4) Jawa Barat R. Herry Suherlan menanggapi dilakukannya seleksi terbuka calon Direktur Utama PD Pasar Bermartabat yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung, Selasa, 12 November 2019. Dikatakan Herry, dalam pengembangan PD Pasar Bermartabat ini salah satu kuncinya yaitu terletak di kualitas sumber daya manusia.

"Dalam pandangan kami, salah satu kriteria utama yang nantinya akan menduduki jabatan Direktur Utama PD Pasar Bermartabat ini harus memiliki basic property management. Sehingga, dirut ini nantinya mampu mengembangkan PD Pasar secara profesional dan optimal. Keberadaan PD Pasar di Kota Bandung ini menjadi sangat strategis jika dijalankan orang yang profesional,” ungkap Herry.

Artinya, lanjut Herry, dalam pengisian jabatan Dirut PD Pasar Bermartabat ini memiliki keahlian dan keterampilan dalam mengelola aset pemerintah daerah. Selain itu, Herry pun mengharapkan, dalam rekrutmen dirut PD Pasar Bermartabat ini tidak ada intervensi dari pihak manapun.

“Jika aset daerah itu mampu dikelola dengan baik akan memberikan kontribusi untuk pendapatan daerah. Misalnya pengelolaan PD Pasar di DKI atau Solo yang mampu memberikan PAD bagi daerahnya. Di kita (Kota Bandung) juga bisa dong seperti itu (kontribusi untuk PAD) kalau dijalankan oleh orang yang profesional. Jangan ada intervensi dari pihak manapun dalam pengisian jabatan ini (Dirut PD Pasar). Jangan ada istilah ini titipan siapapun atau yang lainnya. Rekrutmen ini harus betul-betul transparan dan profesional,” ujar dia.

Masih dikatakan dia, PD Pasar Bermartabat Kota Bandung yang selama ini berjalan, dipandang perlu dilakukan re-manajemen. Dengan dilakukannya re-manajemen ini diharapkan tidak ada lagi pengelolaan aset daerah yang berjalan tanpa aspek legal formal yang berlaku. "PD Pasar yang membidangi dan memiliki potensi di sektor komersial dan bisnis yang strategis. Ada 37 aset (bisnis) yang berada di Kota Bandung. Maka diperlukan calon direktur yang memiliki inovasi serta kreativitas khususnya di sektor bisnis dan development," tutur Dewan Penasehat KADIN Jabar ini.

Dia pun mengharapkan kepada tim seleksi yang nantinya menjadi panitia seleksi rekruitmen Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung agar mampu menjaring peserta yang betul-betul kompeten di bidangnya. Selain itu, panitia seleksi pun diharapkan tidak terpengaruh terhadap intervensi-intervensi.***



Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X