Kasfiansyah Putra, Pemuda Bandung yang Sediakan Rumah Singgah untuk Pasien dari Keluarga Kurang Mampu

- 10 November 2019, 20:22 WIB
KASFIANSYAH Putra/ENDAH ASIH LESTARI/PR

PAHLAWAN tak melulu harus memegang senjata. Pahlawan juga tak hanya bisa diidentikkan dengan jawara adidaya alias superhero pembasmi kejahatan layaknya karakter fiksi. Sosok pahlawan yang membantu sesama bisa saja ada di tengah-tengah kita, disadari atau tidak.

Dari dalam gang Pak Elas, Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Kasfiansyah Putra (25) menjawab kegelisahan dengan memfungsikan rumah kontrakannya menjadi rumah singgah bagi pasien anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Sejak tiga tahun lalu, dia membuka pintu lebar-lebar bagi pasien anak-anak yang berobat rawat jalan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, tetapi tak punya biaya untuk menginap di tempat layak.

"Saya melihat banyak pasien anak-anak dari pelosok daerah yang terpaksa menginap di lorong rumah sakit hanya beralaskan tikar, karena harus kembali lagi keesokan harinya sedangkan untuk pulang ke rumah, biayanya mahal dan jauh. Itu yang membuat saya berpikir untuk membuka rumah singgah," ucap pria yang biasa dipanggil Afin itu ketika ditemui di Rumah Singgah Al Fatih, Rabu 6 November 2019.

Afin, yang sejak dulu sudah aktif dalam berbagai kegiatan sosial, tak bisa menutup mata. Bersama beberapa temannya, dia ingin membantu lebih banyak.

Dari sekadar tempat beristirahat dan menginap, mereka terus mengupayakan apa yang bisa dilakukan untuk meringankan beban pasien dan keluarga. Misalnya, menyediakan makanan, tabung oksigen, hingga mobil ambulans.

Mereka juga melakukan pendampingan untuk mengantar pasien ke rumah sakit hingga mengantar pasien sampai ke kediamannya di luar Bandung.

Banyak pasien yang tidak mampu meneruskan pengobatan di tengah jalan. Mereka tidak mampu menebus resep obat karena tidak memiliki uang. Sementara obat tersebut tidak ditanggung BPJS.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Moreschick

Pesan Indro di 47 Tahun Warkop DKI

23 September 2020, 17:40 WIB
X