Senin, 17 Februari 2020

Kendaraan Kini Wajib Dipasangi Alat Pemantul Cahaya Tambahan

- 10 November 2019, 18:09 WIB
EVAKUASI kendaraan yang terlibat tabrakan beruntun di tol Purbaleunyi km 91 pada 2 September 2019 lalu.*/HILMI ABDUL HALIM/PR

CIMAHI, (PR).- Pemasangan alat pemantul cahaya tambahan (APCT) diwajibkab bagi kendaraan angkutan dan beberapa tipe kendaraan umum lainnya.

Untuk menekan angka kecelakaan, alat dalam bentuk stiker reflektor tersebut berfungsi memantulkan cahaya saat tersorot sinar lampu meski di area minim cahaya.

Sosialisasi sekaligus penertiban dilakukan Dinas Perhubungan Cimahi bersama tim terpadu Satlantas Polres Cimahi dan TNI di Bundaran Leuwigajah, Jalan Mahar Martanegara, Sabtu 9 November 2019. Sedikitnya 39 kendaraan terjaring penegakan hukum gabungan tersebut.

Kasi Angkutan Dishub Cimahi Ranto Sitanggang mengatakan, sasaran kegiatan tersebut yaitu angkutan umum dan orang.

"Mulai dari kelengkapan surat dan kendaraan hingga angkutan yang melebihi kapasitas," katanya, Minggu 10 November 2019.

Pelanggaran terbanyak terutama terkait masa berlaku Uji KIR yang sudah habis. Juga ada sebagian kecil pelanggaran terhadap Izin Angkutan/Kartu Pengawasan yang habis dan tidak diperpanjang.

Dishub Cimahi juga menerapkan sanksi bagi kendaraan angkutan yang melanggar Pembatasan Jam Operasional Angkutan Barang.

Batasan jam operasional yang diberlakukan Dishub Cimahi bagi truk bertonase besar maupun bus yakni Senin sampai Jumat pukul 6.00-08.00 dan pukul 16.00-18.00.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X