Minggu, 15 Desember 2019

Bandung Kini Punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

- 29 Oktober 2019, 18:27 WIB
AI RIKA RACHMAWATI/PR

BANDUNG, (PR).- Mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, PT PLN (Persero) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di empat kota, salah satunya Bandung. Tiga kota lainnya adalah Tangerang, Bali Selatan, dan Jakarta.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Iwan Purwana mengatakan bahwa peresmian SPKLU tersebut sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sesuai dengan Peraturan Presiden (PP) No.55 tahun 2019. PLN, menurut dia, berkomitmen menyediakan SPKLU baik secara mandiri ataupun melalui kerjasama dengan swasta.

"SPKLU lebih ekonomis dibandingkan dengan SPBU. SPKLU tidak memerlukan tangki bawah tanah, cukup memanfaatkan parkir untuk mengisi daya baterai," ujar Iwan pada peluncuran SPKLU di kantor PLN UP3 Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Senin 28 Oktober 2019.

Ia mengatakan, sebuah mobil hanya memerlukan waktu 40 menit untuk kembali mengisi daya. Iwan juga memastikan prosesnya bersih dari polusi udara dan suara karena selama pengisian daya mobil tidak akan mengeluarkan asap dan bunyi.

"Kami akan kembali menambah SPKLU di Bandung. Saat ini kami masih mencari lokasi untuk penambahan SPKLU," tuturnya.

Iwan memastikan, dalam waktu tiga bulan ke depan Bandung akan memiliki tambahan SPKLU. Rencananya, PLN akan membuka SPKLU baru di titik keramaian Kota Bandung. "Untuk itu, kami mohon dukungan Pemerintah Provinsi Jabar dan Kota Bandung," tuturnya.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jabar, Bambang Tirtoyuliono mengapresiasi PLN UID Jabar atas peluncuran SPKLU tersebut. Upaya ini, menurut dia, sejalan dengan salah satu program Provinsi Jabar untuk mengurangi ketergantungan energi fosil dan meningkatkan konsumsi listrik perkapita. "Jelas kami mendorong inovasi," tuturnya.

Menurut dia, dalam prespektif pemerintah, peluncuran SPKLU tersebut akan menjadi pemicu pembangunan di Jabar. Apalagi SPKLU merupakan infrastruktur mendasar dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik. 

"Nanti SPKLU akan dibangun di tempat strategis di mana konsumennya banyak, misalkan di Gedung Sate, di parkiran sebelah timur," kata Bambang.***



Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Tags

Komentar

Terkini

X