Jumat, 6 Desember 2019

Oktober 2019, Masa Peralihan dari Kemarau ke Musim Hujan

- 6 Oktober 2019, 18:45 WIB
ILUSTRASI.*/ANTARA

CIMAHI, (PR).- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Bandung memprediksi musim kemarau masih berlangsung hingga akhir bulan Oktober 2019.

"Sebetulnya puncak musim kemarau sudah terlewat bulan kemarin, sekarang sudah masuk masa peralihan dari kemarau ke musim hujan," ujar Kepala BMKG Klas I Bandung Tony Agus Wijaya, Minggu, 6 Oktober 2019. 

Pada bulan Oktober 2019, diperkirakan bakal turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang secara bertahap. Sedangkan musim hujan diperkirakan tiba di bulan November.

"Di awal November kemungkinan sudah masuk musim hujan. Dari sekarang sudah ada potensi hujan ringan, tapi waktunya belum terprediksi kapan," tutur Tony.

Menurut Tony, musim kemarau pada tahun 2019 ini lebih panjang 1 hingga 3 dasarian atau 10 hingga 30 hari. Secara keseluruhan, musim kemarau di Jawa Barat sendiri berlangsung sejak Mei 2019.

"Memang lebih panjang antara 1 hingga 3 dasarian. Penyebabnya karena suhu laut di sekitar indonesia lebih dingin dibanding normalnya, sehingga terjadi pengurangan uap air," katanya.***



Editor: Endah Asih

Tags

Komentar

Terkini

X