Kamis, 12 Desember 2019

Ruang Terbuka Hijau di Kota Bandung Kurang dari 20 Persen

- 3 Oktober 2019, 14:47 WIB
null

BANDUNG, (PR).- Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Jawa Barat telah memberikan rekomendasi terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bandung dan Kota Bogor. Untuk Kota Bandung, TKPRD memberikan catatan terhadap ruang terbuka hijau (RTH) yang belum mencapai 20 persen. Hal itu mengemuka dalam Rapat Pleno TKPRD di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandun, Kamis, 3 Oktober 2019.

Ketua TKPRD Jabar Daud Achmad menuturkan, rekomendasi diterbitkan setelah TKPRD membahasnya selama kurang lebih satu tahun. Selanjutnya rekomendasi dievaluasi oleh Kementerian ATR. 

"Secara teknis sudah dibahas, kemudian dari pembahasan teknis, usulan perbaikan, hampir semua sudah dipenuhi. Tadi ada beberapa catatan sedikit, dari hasil pleno yang jelas semua tim menyetujui untuk dikeluarkan rekomendasi RTRW itu," ucap Daud. 

Daud mengatakan, salah satu catatan untuk Kota Bandung terkait jangan sampai terulangnya ketidak singkronan dengan rekomendasi dan itu jadi perhatian. Selain itu, Kota Bandung hingga saat ini belum memenuhi 20 persen RTH.

"Kalau tidak salah RTH baru 12 persen. Nanti untuk mencapai 20 persen, mereka sudah melampirkan strategi untuk 2031 bisa tercapai 20 persen RTH," ujar dia. 

Daud pun mengatakan, catatan-catatan lain akan diamanatkan pada Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) yang skala 1:5000.

"Tentunya RTRW ini skalanya masi 1:25.000 nanti ini akan jadi bahan rujukan RDTR dengan skala 1:5000, yang akan kami evaluasi. Catatan itu akan masuk ke RDTR. Disamping itu ada kebijakan jaga RTH semisal ada tidak Perda atau Perwal yang mengatur insentif maupun disinsentif untuk RTH ini," kata dia.***



Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X