Selasa, 2 Juni 2020

Demonstrasi Mahasiswa Menolak Revisi RKUHP dan Revisi UU KPK di Bandung Ricuh

- 23 September 2019, 17:56 WIB
DEMONSTRASI mahasiswa dari berbagai kampus di depan Gedung DPRD Jabar di Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Senin 23 September 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Bandung dan sekitarnya berdemonstrasi  di depan Kantor DPRD Jabar di Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Senin 23 September 2019.

Mahasiswa yang datang sejak pukul 12.00 memadati jalanan di depan gedung DPRD Jabar dengan menyuarakan sejumlah aspirasi di antaranya menolak revisi UU KPK, RKUHP, RU PAS, dan RU Pertanahan.

Sebelumnya mahasiswa melakukan long march dari Monumen Perjuangan sambil menyanyikan lagu berjudul Sumpah Mahasiswa Indonesia, dan Darah Juang.

Mahasiswa, kelompok demi kelompok akhirnya memadati Gedung DPRD Jabar. Aksi tersebut tergolong besar dibanding demonstrasi sebelumnya yang pernah digelar di depan Gedung DPRD Jabar beberapa waktu belakangan. Ratusan anggota kepolisian pun melakukan pengamanan.

"Revolusi-revolusi," kata beberapa mahasiswa yang mendatangi Gedung DPRD Jabar. Mereka secara bergerombol mencoba menembus pagar depan Gdeung DPRD Jabar.

Sekira pukul 17.00, barikade pagar DPRD Jabar hampir ditembus tetapi bisa ditahan oleh anggota Brimob dan Dalmas Polda Jabar yang berjaga di lokasi.

Meski demikian, aksi saling lempar tidak terelakkan. Bahkan, salah satu tameng anggota Brimob dicuri mahasiswa meski akhirnya tameng tersebut dikembalikan.

Sekira pukul 17.30, mahasiswa sedikit-sedikit mulai membersihkan lokasi dari sampah yang dibuang. Demonstrasi harus sudah selesai ketika azan magrib berkumandang.

Lantunan salawat badar juga dilantangkan mahasiswa dengan tujuan mendinginkan suasana. Sementara itu, terlihat bendera-bendera BEM berbagai universitas yang mengikuti demonstrasi. Dari data yang dihimpun, setidaknya ada 18 universitas di Kota Bandung dan sekitarnya yang berdemonstrasi.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X