Menuju Geopark Nasional, Fasilitas di Stone Garden Akan Diperbaiki

- 16 September 2019, 06:18 WIB
BUPATI Bandung Barat Aa Umbara Sutinsa berfoto bersama sambil memegang spanduk Lomba Literasi Wisat di objek wisata Stone Garden, Desa Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Minggu, 15 September 2019.*/CECEP WIJAYA SARI/PR

NGAMPRAH, (PR).- Jalan untuk menjadikan objek wisata Stone Garden yang merupakan bagian dari Kars Rajamandala menjadi geopark nasional, semakin dekat. Hal ini setelah adanya komitmen dari Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memperbaiki berbagai fasilitas di objek wisata tersebut.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Milangkala ke-5 Stone Garden di lokasi objek wisata tersebut, di Desa Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Minggu, 15 September 2019.

Menurut Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, kehadiran Pemprov Jabar menguatkan jalan bagi objek wisata tersebut menjadi bagian dari geopark nasional. "Stone Garden merupakan salah satu objek wisata yang akan dikembangkan pada 2020 nanti. Kehadiran Pemprov Jabar tentunya menjadi pendorong bagi kami untuk mengembangkan destinasi wisata ini," ujar Umbara.

Selanjutnya, dia mengungkapkan, pihaknya akan menginventarisasi lahan masyarakat di objek wisata tersebut untuk dibebaskan. Hal itu dibutuhkan agar pengembangan objek wisata tersebut bisa lebih optimal.

Dengan luas lahan sekitar 30 hektare, dia optimistis Stone Garden dan Indiana Camp bisa menjadi objek wisata unggulan di Jawa Barat, bahkan nasional.

loading...

Angin segar

Ketua Kelompok Sadar Wisata Pasir Pawon Sukmayadi Suwerna selaku pengelola Stone Garden mengungkapkan, kehadiran Pemkab Bandung Barat dan Pemprov Jabar dalam kegiatan Milangkala ke-5 kemarin menjadi angin segar. Apalagi, mereka berkomitmen untuk memperbaiki fasilitas di Stone Garden sebagai upaya menjadikannya sebagai geopark nasional pada tahun depan.

"Alhamdulillah, pemerintah daerah berjanji untuk memperbaiki berbagi fasilitas seperti akses jalan masuk dan ketersediaan air bersih. Ini kabar baik bagi kami, sebab hal ini juga membuktikan keseriusan pemerintah daerah dalam mengembangkan objek wisata ini," tuturnya.

Selain itu, dia menambahkan, kegiatan rutin gelaran seni dan budaya di Stone Garden juga mendapatkan apresiasi dan dukungan dari pemerintah daerah. Bahkan, festival budaya akan digelar di Stone Garden sebagai agenda tahunan.

Halaman:

Editor: Endah Asih


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X