Rabu, 11 Desember 2019

FKPL Curigai Proyek Normalisasi Sungai Citarum Makin Sempit

- 2 September 2019, 16:16 WIB
PROYEK normalisasi Sungai Citarum mulai dari Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk sampai Desa Majalaya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, dipertanyakan pegiat lingkungan.*/ENGKOS KOSASIH/GALAMEDIA

SOREANG, (PR).- Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (FKPL) Kabupaten Bandung mempertanyakan proyek pengerjaan normalisasi Sungai Citarum sepanjang 5,5 km mulai dari Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk sampai Desa Majalaya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. 

FKPL pun berharap, Pemkab Bandung proaktif menyikapi proyek normalisasi Sungai Citarum tersebut. 

"Kami melihat pengerjaan normalisasi Sungai Citarum sepertinya sempit dari kondisi sebelumnya. Ada informasi, penampang bagian bawah Sungai Citarum selebar 12,5 meter dan penampang atas sungai 16,5 meter. Itu yang kami pertanyakan," kata perwakilan FMPL Kabupaten Bandung Juarsa Juandi  di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Senin 2 September 2019. 

Juarsa berharap pelebaran penampang Sungai Citarum bagian bawah selebar 16,5 meter, dan penampang atasnya 18 meter sejajar dengan batas tembok jembatan Patrol Jalan Raya Laswi, di atas aliran Sungai Citarum tersebut. 

"Soalnya, yang kami perhatian pengerjaan normalisasi Sungai Citarum sempit. Kami berharap, pengerjaan normalisasi Sungai Citarum lebih lebar dari kondisi sungai sebelumnya dalam upaya penanggulangan ancaman banjir disaat memasuki musim hujan di kawasan Majalaya dan sekitarnya," papar Juarsa. 

Ia berharap adanya proyek normalisasi itu dapat menanggulangi ancaman banjir. Selain itu dapat mempercepat genangan air disaat memasuki musim hujan. 

"Namun jika dalam pengerjaan normalisasi Sungai Citarum itu semakin menyempit dari kondisi sebelumnya, kami khawatir akan menambah ancaman banjir di kawasan Majalaya dan sekitarnya," katanya. 

Terkait pengerjaan normalisasi Sungai Citarum itu, imbuh Juarsa, perwakilan FMPL berencana untuk melakukan audensi ke BBWSC untuk mempertanyakan proyek pengerjaan normalisasi Sungai Citarum. 

"Kami berharap, BBWSC dapat memberikan informasi terang benderang terkait pengerjaan normalisasi tersebut. Kami berharap ada kajian ulang, terkait pengerjaan normalisasi Sungai Citarum," ucapnya. 


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X