Minggu, 19 Januari 2020

Revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi Dimulai dengan Membangun Basement

- 26 Agustus 2019, 11:10 WIB
STADION Sangkuriang, Cimahi.*/DEDEN IMAN/PR

CIMAHI, (PR).- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi memastikan anggaran perbaikan Stadion Sangkuriang yang tersedia difokuskan untuk pembangunan struktur bangunan dan tempat parkir basement. Hasil perhitungan, Bantuan Provinsi Jawa Barat Rp 100 miliar belum bisa menyentuh bangunan utama stadion. 

Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas PUPR Kota Cimahi, Deni Hendiani mengatakan hal itu, Minggu 25 Agustus 2019. "Anggaran Rp100 miliar hanya cukup untuk struktur basement sekaligus pengerukannya, sulit kalau untuk stadionnya," ujarnya.

Rencananya, pengerjaan fisik perbaikan stadion yang ada di Jalan Sangkuriang, Kota Cimahi itu bakal dilaksanakan tahun 2020 mendatang. 
Jika pengerjaan dialihkan ke bangunan utama struktur terlebih dahulu, lanjut Deni, maka bisa menimbulkan bermasalah lain karena tidak tersedianya lahan parkir bagi pengunjung ke stadion.

"Kalau inginnya stadion dulu atau Rp100 miliar itu selesai saja, ya tidak bisa. Stadionnya beres tapi nanti tidak ada lahan parkir, artinya menimbulkan masalah baru," katanya. 

Kebutuhan material untuk pengerjaan fisik tahun depan dengan anggaran Rp100 miliar di antaranya tiang pancang, dinding full beton, dan besi kerangka basement.

"Itu kebutuhan utamanya, nanti bagian basement akan dilapisi beton secara keseluruhan. Tiang pancangnya harus kokoh, jadi pakai material terbaik," tuturnya. 

Berdasarkan Detail Engineering Design (DED) yang dibuat pada tahun 2018, kebutuhan anggaran perbaikan Stadion Sangkuriang sebesar Rp 278 miliar. 

"Perbaikan akan ikut DED, jadi tidak bisa seenaknya mengubah DED. Memang kebutuhan anggarannya kurang, tapi bisa diakali dari pendampingan APBD," jelasnya. 

Selain membuat basement, pihaknya juga bakal membongkar eksisting bangunan GOR Sangkuriang. Posisinya bakal dipindah ke depan pintu gerbang utama Stadion Sangkuriang.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X