Jumat, 24 Januari 2020

Stadion Sangkuriang Akan Direnovasi Mulai 2020

- 20 Agustus 2019, 23:27 WIB
STADION Sangkuriang, Cimahi.*/DEDEN IMAN/PR

CIMAHI, (PR).- Masyarakat Kota Cimahi terus menagih janji Pemkot Cimahi merevitalisasi Stadion Sangkuriang. Stadion legendaris yang saat ini kondisinya kian tak terurus dipastikan akan direnovasi mulai tahun 2020 mendatang.

"InsyaAllah mulai tahun 2020 pembangunan fisik untuk perbaikan Stadion Sangkuriang bakal dilakukan," ujar Walikota Cimahi Ajay M. Priatna, Selasa, 20 Agustus 2019.

Tak hanya stadion saja, revitalisasi yang bakal dilakukan termasuk peningkatan sarana prasarana pendukung. Terutama, pembuatan lahan parkir di basement dan merobohkan Gor Sangkuriang untuk menjadi area sarana olahraga terbuka.

Namun, perbaikan kemungkinan tidak akan langsung rampung seluruhnya. Sebab, Pemkot Cimahi baru mengantongi anggaran revitalisasi Sangkuriang yang bersumber dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp100 miliar. Bantuan tersebut juga menanti kepastian karena masih dalam pembahasan APBD Prov. Jabar 2020.

"Sudah ada kepastian dari banprov Rp 100 miliar, memang masih butuh lebih besar keuangannya," ucapnya.

Berdasarkan Detail Engineering Design (DED), revitalisasi total Stadion Sangkuriang membutuhkan anggaran sekitar Rp 278 miliar. "Untuk renovasinya kita kerjakan sebagian dulu, jadi akan tetap mengikuti DED. Bertahap," katanya.

Untuk sisa kekurangan anggaran yang dibutuhkan, Ajay menyatakan bakal mengajukan proposal bantuan ke Kementrian Pemuda dan Olahraga.

"Kalau dari APBD Kota Cimahi, jujur saja agak berat. Jadi upayakan melalui bantuan, akan coba mengajukan Kemenpor. Kalau secara lisan sudah berbicara tinggal ditindaklanjuti," ucapnya. 

Ajay berharap masyarakat bisa bersabar menunggu proses revitalisasi Sangkuriang sebagai stadion kebanggaan Kota Cimahi sebab anggaran yang diperlukan sangat besar. Apalagi, Kota Cimahi kini memiliki klub sepakbola PSKC yang sedang berlaga di Super Jalapa Liga 3 dengan target lolos ke Liga 2 pada musim depan bakal membutuhkan stadion hombase.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X