Sabtu, 4 April 2020

Pergadaian, Lahan Baru untuk Notaris

- 3 Agustus 2019, 18:58 WIB
WAKIL dari Direktorat Pengawasan Lembaga Keuangan Khusus Otoritas Jasa Keuangan Daryanto saat berbicara dalam diskusi Ikano Unpad, di Ballroom Bumi Sangkuriang, di Jalan Kiputih, Kota Bandung pada Sabtu 3 Agustus 2019.*/MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR

BANDUNG, (PR).- Dunia notaris di Indonesia memiliki lahan baru untuk pengembangan profesinya, karena dalam waktu dekat akan bisa menangani badan-badan usaha yang berafiliasi dengan bidang pergadaian. Hal ini terungkap dalam diskusi Ikatan Keluarga Alumni Notariat (Ikano) Unpad, di Bumi Sangkuriang Bandung, di Jalan Kiputih, Kota Bandung, Sabtu 3 Agustus 2019.

Ketua Ikano Unpad periode 2015-2019 Herdiman ‎Chaidirsyah menyatakan para notaris kini bisa memiliki peluang lahan baru dalam profesinya. Menurut dia setidaknya ada 4 lahan baru dalam profesi kenotariatan tersebut yang semuanya berhubungan dengan pergadaian.

"Notaris nantinya bisa ikut andil dalam pendirian usaha pergadaian, koperasi usaha untuk pergadaian, akta perjanjian gadai, dan jaminan usaha pergadaian. Semu‎anya pun sedang dibahas dan disempurnakan di diskusi ini," ucapnya.

Hanya saja untuk akta gadai masih ada kontradiksi. Hal tersebut, kata Herdiman, dikarenakan akta gadai itu bentuknya jaminan fidusia sedangkan gadai tersebut bentuknya adalah jaminan. "Ada kontradiksi dengan kitab undang-undang hukum, kita akan bahas juga hal ini dengan teman-teman di kepengurusan wilayah," ucapnya.

Karena itu lanjut Herdiman kita adakan acara ini untuk mencari jalan terbaik untuk menyempurnakan rencana tersebut. "Kami undang juga dari OJK, Pegadaian, akademisi dan pakar-pakar hukum kenotariatan, sehingga diharapkan ada jalan keluarnya," ucapnya.

loading...

Di lain hal kata Herdiman acara ini adalah untuk mempererat‎ silaturahmi di antara alumni Kenotariatan Unpad. Sekaligus pergantian kepengurusan yang ada di Ikano Unpad. "Kami ini adalah pelopor ikatan alumni kenotariatan yang terstruktur di universitas-universitas seluruh Indonesia. Sementara Ikano Unpad pertama kali dibentuk pada 2007 lalu," katanya.

‎"Ini juga sebagai pengabdian kepada almamater untuk mengembangkan peluang di masa datang. Selain juga menyempurnakan ilmu yang kita dapat agar bisa diaplikasikan kepada masyarakat," ucapnya.

Ketua Ikano Unpad periode 2019-2023 DR Ranti Fauza Mayana, SH menambahkan‎ dengan terpilihnya dirinya sebagai Ketua Ikano Unpad yang baru langkah-langkah awal pun akan dilakukan. Di antaranya adalah memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para anggota Ikano Unpad.

Wakil dari Direktorat Pengawasan Lembaga Keuangan Khusus Otoritas Jasa Keuangan, Daryanto pun memberikan pernyataannya seusai acara berlangsung. Menurut Daryanto koperasi yang memfasilitasi pergadaian ini harus berbadan hukum.

Halaman:

Editor: ella yuniaperdani

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X