Minggu, 15 Desember 2019

Bukit Teletubbies di Cicalengka, Ini Sedikit Cerita Tentang Pesonanya

- 15 Juli 2019, 10:19 WIB
BUKIT Teletubies Cicalengka/INFOBDG

ORANG-ORANG yang datang kerap menyebut suatu daerah perbukitan di Desa Tanjungwangi, Cicalengka dengan nama Bukit Teletubbies. Sebutan itu muncul karena topografinya berbukit-bukit dan terlihat seperti undakan, persis seperti yang ada di dalam serial anak-anak Teletubbies.

Sejatinya, Bukit Teletubbies juga banyak dipakai untuk menamai tempat dengan topografi sejenis di berbagai daerah

Tanjungwangi adalah desa hasil pemekaran dari Desa Dampit. Tanjungwangi mendadak terkenal karean foto-fotonya yang berupa daerah perbukitan dan ladang-ladang warga banyak difoto dan tersebar di internet.

Sampai saat ini, belum sentuhan pemerintah untuk mengelola daerah itu sebagai destinasi wisata yang berwawasan lingkungan.

Akibat belum adanya pengelolaan resmi, banyak ditemukan praktikpungutan liar oleh masyarakat sekitar. Mereka mengambil keuntungan dengan dalih menawarkan jasa parkir kendaraan. Padahal bila dikelola secara profesional, Bukit Teletubbies Cicalengka mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat.

Bukit Teletubbies Cicalengka cocok untuk dipakai lokasi hiking, berkemah, atau bersepeda gunung. Dengan berjalan kaki, waktu tempuh dari area parkir menuju puncak memakan waktu 10-30 menit.

Jika berniat mendaki dan berkemah di puncak Bukit Teletubies Cicalengka, sebaiknya mempersiapkan perlengkapan dan perbekalan dengan baik. Jika berniat berkemah, sebaiknya tidak mengambil lokasi di puncak bukitnya. Saat musim hujan, angin berembus kencang terutama saat dini hari.

Dari puncak Bukit Teletubbies Cicalengka, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit. (Aziz Ali Haerulloh)***



Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X