Jumat, 6 Desember 2019

Tiga Karyawan Pabrik Kebutuhan Bayi di Cimahi Diamankan Polisi Karena Gelapkan Barang

- 10 Juli 2019, 19:58 WIB
ILUSTRASI pencurian barang di gudang.*/ANTARA

CIMAHI, (PR).- Jajaran Unit Reskrim Polsek Cimahi Selatan tengah menangani kasus pencurian dan penggelapan yang dilakukan oleh karyawan pabrik garmen. Perbuatan mereka menyebabkan kerugian perusahaan hingga puluhan juta.

Aksi pencurian tersebut dilakukan oleh tiga karyawan bagian gudang di pabrik penghasil barang kebutuhan bayi di kawasan Industri Kota Cimahi. Ketiga tersangka masing-masing atas nama RA (32) warga Sarijadi Kota Bandung, AM (24) dan AK (23) warga Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. 

Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Sutarman ketika dikonfiirmasi membenarkan hal tersebut. "Kami telah mengamankan tiga buruh pabrik karena melakukan aksi pencurian dan penggelapan barang milik pabrik hingga menimbulkan kerugian," ujarnya, Rabu, 10 Juli 2019.

Menurut Sutarman, modus operandi aksi kejahatan tersebut yaitu para pelaku yang merupakan karyawan pabrik tersebut mengambil barang-barang produksi hasil perusahaan. Berupa tas gendong bayi dan tas selendang. "Mereka mengambil sisa lebih pengiriman, dibawa pulang lalu dijual dan hasilnya dibagi rata," ucapnya.

Aksi pencurian tersebut, kata Sutarman, sudah dilakukan para tersangka selama 9 bulan terakhir. "Selama 9 bulan aksi tersebut dilakukan. Menyebabkan perusahaan mengalami kerugian hingga mencapai Rp 27 juta rupiah lebih," ungkapnya.

Sedang barang bukti yang disita dari tersangka masing-masing dua lembar surat audit dan tiga buah struk gaji dari perusahaan. Sedangkan barang pabrik yang diambil sudah terjual.

Akibat perbuatannya, ketiga tersangka akan dijerat dengan pasal 363 dan 364 KUHPidana teentang pencurian dan penggelapan. "Ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara," tuturnya.***



Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X