Jumat, 6 Desember 2019

Danpussenif Kodiklat AD Resmikan Klub ISCC dan Turnamen Panjat Tebing Tingkat Nasional

- 10 Juli 2019, 19:46 WIB
KOMANDAN Pusat Persenjataan Infanteri Kodiklat AD Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso saat membuka kejuaran panjat tebing nasional di Mako Pussenif Kodiklat AD di Jalan Supratman, Kota Bandung, Rabu, 10 Juli 2019.*/MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR

BANDUNG, (PR).- Komandan Pusat Persenjataan Infanteri TNI AD Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso meresmikan klub panjat tebing dan membuka kompetisi panjat tebing Nasional. Acara tersebut dilaksanakan di Mako Pussenif Kodiklat AD di Jalan Supratman, Kota Bandung, Rabu 10 Juli 2019.

‎Peresmian klub dan kompetisi panjat tebing Nasional ini disponsori berbagai perusahaan. Bahkan juga diinisiasi oleh mantan Danpussenif Kodiklat AD yang kini menjadi Pangdam XIV Hasanudin, Mayor Jenderal TNI AD Surawahadi.

"Panjat tebing merupakan kegiatan yang dilaksanakan di alam bebas yang amat diminati oleh kalangan milenial. Meski seiring perkembangan zaman dan teknologi yang ada namun panjat tebing tetap punya tempat tersendiri," kata Teguh.

Menurutnya kegiatan panjat tebing alami evolusi yang panjang. Sebelumnya kegiatan panjat tebing ini hanyalah sekedar hobi masyarakat di alam bebas, namun kini berubah menjadi sebuah olah raga ekstrim yang sangat digemari.

"Bahkan berbagai jenis olah raga panjat tebing telah dipertandingkan oleh induk organisasi panjat tebing Indonesia. Mulai kegiatan panjat tebing tingkat lokal, Nasional atau bahkan kegiatan panjat tebing di tingkat Internasional," ucapnya.

Demi menghadapi perkembangan olah raga panjat tebing yang cukup progresif ini, Pussenif Kodiklat AD lanjut Teguh‎ mengambil andil dengan mendirikan organisasi. "Oganisasi panjat tebing ini diberi nama Infantry Sport Climbing Club (ISCC)," ucapnya.

Sebagai informasi ISCC ini didirikan oleh Pussenif pada  tanggal 16 Maret 2019 atas dasar Surat Telegram KSAD Nomor : ST/1073 /2016 tanggal 15 April 2016 tentang penunjukan Danpussenif Kodiklat AD selaku ketua cabang panjat tebing pada Program Kerja Komite Olah Raga Militer Angkatan Darat TA. 2016.

Pendirian ISCC ini bertujuan untuk membina dan membentuk atlet olah raga panjat tebing yang berjiwa profesional dan bermental juara. "Oleh karena itu, untuk mendapatkan bibit unggul atlet panjat tebing, ISCC dalam program kerjanya kali ini menyelenggarakan kegiatan kompetisi olah raga panjat tebing National Infantry Arei Sport Climbing Competition 2019, " kata Teguh‎.

Ia juga menjelaskan begitu dirinya ditunjuk sebagai ketua cabang‎ panjat tebing maka dirinya meresmikan ISCC ini. "Sayang juga kan jika fasilitas yang tidak dimanfaatkan dengan baik," katanya.


Halaman:

Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X