Rabu, 26 Februari 2020

5 Tempat Wisata Unik dan Bermuatan Edukasi di Bandung

- 17 Juni 2019, 19:38 WIB
AKTIVITAS pengunjung di Wisata Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion, Jalan Akaza Utama Mekarwangi, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 13 Juni 2019./ARMIN ABDUL JABBAR/PR

LIBUR Lebaran baru saja usai, tetapi buat siswa SD, SMP, SMA, libur sekolah baru saja dimulai. Bagi Anda yang ingin menghabiskan kebersamaan dengan anak, tetapi tidak ada waktu untuk berwisata ke luar kota, ada beberapa tempat wisata di seputar Kota Bandung yang layak Anda datangi.

Bukan sekadar wisata, ada pula ilmu dan pengetahuan yang dapat membuka cakrawala berpikir anak. Beberapa tempat tersebut mungkin sudah akrab dan tergolong mainstream seperti Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, Museum Geologi, Kebon Binatang Bandung, Saung Angklung Udjo, dan sebagainya.

Berikut ini sejumlah tempat wisata yang bisa jadi destinasi alternatif, bagi Anda yang ingin mengajak anak berekreasi sekaligus dapat edukasi.

1. Bandung Champion City

 Di miniatur kota metropolitan tersebut juga terdapat banyak anak-anak memainkan profesi lain. Seperti bidan dan dokter di rumah sakit, pemadam kebakaran, pembalap di sirkuit, penerbang di bandara mini, hingga parlemen di gedung dewan rakyat mini.

Setiap pekerja melakoni profesinya, harus memperoleh pembekalan dulu dari mentor. Ada 221 mentor yang tersebar di 75 wahana roleplay, dengan 100 lebih profesi. Bahkan untuk profesi tertentu, anak-anak harus mengantongi ijazah, dari kuliah singkat di universitas mini.

Saat masuk wahana, anak-anak langsung mengunjungi bank untuk memperoleh uang 1.000 cicis, mata uang kota tersebut. Dengan uang yang dikantongi, anak-anak dapat berbelanja, belajar di tempat kursus, atau kuliah.

Namun, mereka juga bisa menambah pundi-pundi cicis, dengan bekerja di banyak tempat. Seperti Bintang, yang siang itu, memperoleh penghasilan dari pekerjaannya sebagai polisi.

Menurut CEO Bandung Champion City, Masrah Marang, tempat ini dirancang bukan hanya sebagai tempat bermain peran. Melainkan juga bisa menjadi acuan penelusuran minat dan bakat saat remaja atau dewasa nanti. 

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X