Rabu, 11 Desember 2019

Tumpukan Sampah Teronggok di Kompleks Pemkab Bandung Barat

- 14 Juni 2019, 07:49 WIB
SEJUMLAH sampah dalam karung dan kantung plastik menumpuk di pelataran Gedung A SKPD kompleks Pemkab Bandung Barat, Kamis 13 Juni 2019 siang.*/CECEP WIJAYA SARI/PR

NGAMPRAH, (PR).- Tumpukan sampah dalam karung dan kantung plastik teronggok di pelataran Gedung A SKPD Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Kamis 13 Juni 2019. Sejumlah sampah tersebut disinyalir merupakan sampah sisa libur Lebaran yang belum sempat diangkut.

Tak hanya itu, sampah juga menumpuk di salah satu lift pengangkut orang. Kondisi itu tentu saja mengganggu kenyamanan para pengguna lift di bangunan empat lantai tersebut.

Hal itu disesalkan Ajat (37), warga yang sedang berkunjung ke Kantor Pemda. Menurut dia, seharusnya Kantor Pemda bersih dari tumpukan sampah lantaran harus menjadi contoh bagi lingkungan masyarakat. 

"Bagaimana lingkungan masyarakat mau bersih kalau sampah di Kantor Pemda saja tidak diangkut. Seharusnya, ada petugas yang segera membersihkannya," ujarnya, Kamis 13 Juni 2019.

Meski demikian, ia juga mengungkapkan, masalah sampah sebenarnya tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Namun, setiap warga juga harus memelihara kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Saat ini, dia mengakui, masih banyak warga yang mengabaikan kebersihan lingkungan. Bahkan, sampah kerap dibuang di pinggir jalan sambil mengendarai sepeda motor. "Hanya memang, perlu ada ketegasan dan contoh juga dari pemerintah setempat agar warganya tidak buang sampah sembarangan," katanya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup KBB Apung Hadiat Purwoko mengungkapkan, pengangkutan sampah di Kompleks Pemkab harus melalui prosedur berupa permohonan dari Bagian Rumah Tangga Setda. Namun hingga kemarin, pihaknya belum menerima permintaan tersebut.

Sementara itu, pihaknya tidak bisa langsung mengangkut sampah di Kompleks Pemda lantaran menunggu giliran armada pengangkut sampah. Sejak Lebaran, sejumlah armada sibuk lantaran volume sampah meningkat.

"Namun karena kondisinya seperti ini, hari ini juga (kemarin), sampah di Kantor Pemda ini akan diangkut, ujarnya. Pantauan PR, sampah di Kantor Pemkab baru dibersihkan petugas pada sore hari menjelang bubaran pegawai.***
 



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X