Kamis, 12 Desember 2019

Dua Wanita Cantik Ini Rela Menyiram Rem Ratusan Motor

- 10 Juni 2019, 10:12 WIB
RANI dan Iis dua anggota XTC dengan semangat menyiram rem motor pengendara yang ingin melanjutkan perjalanan di turunan Kamojang.*/ENGKOS KOSASI/GALAMEDIA

SOREANG, (PR).- Ada pemandangan yang berbeda di jalur arus balik Lebaran Jalan Kamojang-Ibun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Minggu 9 Juni 2019 sore. Dua orang wanita cantik, yakni Rani (17) dan Iis (17) dengan sukarela melakukan penyiraman rem kendaraan roda dua di sekitar jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang, yang hendak melaju di turunan jalan tersebut. 

Dua wanita itu dari XTC Kecamatan Ibun yang membantu tugas Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas Siaga yang bertugas di jalur mudik Lebaran. Kedua wanita itu terlihat sibuk menyiram rem kendaraan roda dua khususnya motor matik yang melaju dari arah Garut tujuan Majalaya, yang hendak melaju menurun di jalan Kamojang-Ibun.

Ratusan hingga ribuan kendaraan roda dua memanfaatkan penyiraman rem di kawasan tersebut. Pada Minggu sore itu, terjadi kepadatan kendaraan karena memasuki puncak arus balik Lebaran. Namun Rani dan Iis tetap semangat membantu petugas dalam penyiriman rem motor.

Sejumlah rem kendaraan roda dua saat dilakukan penyiraman tampak mengeluarkan asap karena bagian remnya yang panas setelah melakukan perjalanan jauh. Kondisi itu cukup membahayakan kalau terus melaju, sehingga perlu disiram dengan air.

Penyiraman rem kendaraan roda dua itu untuk mencegah terjadinya rem blong saat melaju menurun di turunan Jalan Kamojang-Ibun, persisnya di SDN Patrol, pemakaman umum Kampung Patrol dan di pertigaan Sangkan. Pasalnya, rem kendaraan roda dua yang panas rawan terjadinya rem blong dan menimbulkan terjadinya laka lantas. 

Petugas kepolisian dari Polsek Majalaya dan Polsek Ibun serta Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung terlihat sibuk menghentikan setiap kendaraan roda dua jenis matik untuk melakukan penyiraman pada bagian remnya. 

Saat itu kendaraan yang melaju dari arah Garut tujuan Majalaya cukup padat, bahkan laju kendaran pun padat merayap yang melintasi Jalan Kamojang--Ibun tersebut. 

Anggota XTC Kecamatan Ibun Yudha mengatakan, membantu penyiraman rem kendaraan roda dua jenis matik itu untuk membantu tugas kepolisian dan petugas lainnya. Termasuk anggota perempuan, sudah bertekad membantu kelancaran arus balik lebaran.

"Sudah dua tahun ini membantu petugas kepolisian, di antaranya melakukan penyiraman rem kendaraan roda dua di jalur mudik dan balik Lebaran di Jalan Kamojang-Ibun," kata Yudha kepada wartawan Galamedia, Engkos Kosasih.***



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X