Kuota Program Mudik Gratis Tahun Depan Diharapkan Bertambah Dua Kali Lipat

- 3 Juni 2019, 13:43 WIB
MUDIK menggunakan kereta api/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Setelah diadakannya program mudik-gratis">mudik gratis tahun ini, banyak warga Jawa Barat yang menginginkan adanya kegiatan serupa yang lebih masif tahun depan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, tahun depan Pemprov Jabar berencana menambah jumlah armada yang digunakan untuk mengangkut pemudik.

Pada program mudik-gratis">mudik gratis tahun ini, Pemprov Jabar menyediakan 100 bus dengan tujuan Solo dan Yogyakarta via jalur utara dan selatan Jawa. Ada pula 4 gerbong kereta api Mutiara Selatan dengan tujuan stasiun Gubeng, Surabaya dengan titik keberangkatan dari stasiun Bandung.

"Insyaallah akan kami tambah. Harapan kami, bisa dua kali lipat.  Ini tentu bukan hanya APBD karena APBD sifatnya lebih berupa stimulus dan sebetulnya dari BUMN itu sudah melakukan program mudik-gratis">mudik gratis," ujar Iwa Karniwa saat di Stasiun Bandung, Minggu 2 Juni 2019.

Menurut Iwa Karniwa, adanya program mudik-gratis">mudik gratis membuat penumpukan kendaraan yang biasa terjadi di jalur selatan maupun utara Jawa dapat terurai. Di samping itu, mudik-gratis">mudik gratis dapat membatu warga dari kalangan ekonomi menengah ke bawah untuk pulang kampung.

loading...

"Yang pertama, tentu membantu masyarakat yang secara ekonomi kurang tetapi dia ingin silaturahmi ke kampung halamannya. Kedua, mengurangi kemacetan karena yang biasa menggunakan sepeda motor atau mobil menjadi lebih sedikit," kata dia seperti dilaporkan Prfmnews.

Selain itu, dengan berkurangnya kemacetan yang disebabkan pertambahan volume kendaraan, Iwa Karniwa menyebut BBM yang digunakan pun cenderung berkurang. Tingkat kecelakaan terpantau menurun setelah diadakannya program mudik-gratis">mudik gratis tahun ini.

"Tentu karena mengurangi kemacetan, otomatis BBM juga berkurang dan tingkat kecelakaan menurun. Terakhir, tentu ini merupakan satu hal yang sangat membahagiakan," ujar dia .

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X