Minggu, 15 Desember 2019

Terminal Bayangan di Kabupaten Bandung Akan Ditertibkan untuk Melancarkan Arus Mudik Lebaran 2019

- 14 Mei 2019, 16:40 WIB
SEJUMLAH kendaraan umum berhenti di badan jalan yang sering dijadikan terminal bayangan saat menunggu penumpang di Jalan Lingkar Cileunyi, Cileunyi, Kabupaten Bandung. Selasa, 14 Mei 2019. Menjelang arus mudik lebaran 2019, Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung segera melakukan penyisiran dan penertiban keberadaan terminal bayangan untuk menghindari gangguan samping lalu lintas.*/ADE MAMAD/PR

SOREANG, (PR).- Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung segera melakukan penyisiran dan penertiban terminal bayangan di wilayah Kabupaten Bandung. Penyisiran dan penertiban ini dilakukan untuk menghindari gangguan samping lalu lintas, apalagi menjelang arus mudik lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Zeis Zultaqawa, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 14 Mei 2019, menuturkan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pemetaan dan penyisiran beberapa titik yang berpotensi menjadi terminal bayangan. Fokus penertiban terminal bayangan ini, kata Zeis, diutamakan di jalur arus mudik, baik di jalur utama mudik maupun jalur alternatif mudik lebaran.

“Tentunya kami akan menertibkan keberadaan terminal bayangan ini karena dikhawatirkan akan menimbulkan hambatan samping lalu lintas, terlebih di jalur arus mudik. Kami juga tidak segan akan melakukan tindakan tegas kepada awak angkutan yang sengaja mencari dan menurunkan penumpangnya di terminal bayangan ini,” katanya.

Namun, saat ditanya hasil pemetaan dan penyisiran titik potensi terminal bayangan ini, Zeis belum menjelaskan secara terperinci. Hingga saat ini, kata dia, pihaknya masih terus melakukan pengumpulan bahan dan data di lapangan mengenai keberadaan terminal bayangan ini sebagai bahan masukan dalam menentukan arah kebijakan ke depan.

Zeis mengatakan, pihaknya pun akan lebih mengoptimalkan patroli personel Dishub Kabupaten Bandung untuk mengantisipasi timbulnya terminal bayangan. Dia pun mengimbau masyarakat untuk tidak segan melapor kepada petugas Dishub Kabupaten Bandung jika mengetahui titik lokasi terminal bayangan.

“Kami terus berupaya agar di jalur arus mudik dan balik lebaran ini dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan samping. Kami tentunya akan mengoptimalkan personel kami dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian dalam hal penindakan pelanggaran lalu lintasnya,” ujar dia.

Dikatakannya, selain melakukan penyisiran dan penertiban terminal bayangan, pihaknya pun saat ini menginventarisasi rambu dan marka jalan. Dia mengharapkan, perbaikan dan penambahan rambu lalu lintas dapat meningkatkan kenyamanan pengendara, baik saat mudik maupun hari-hari biasa.

“Untuk kelengkapan marka jalan ini kami juga sedang melakukan inventarisasi. Titik mana saja yang masih kurang rambunya, nanti kita akan tambah. Penyisiran ini juga kami lakukan untuk memeriksa kondisi marka jalan, apakah masih baik atau perlu dilakukan perbaikan,” ucap dia.


Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

X