Rabu, 1 April 2020

Gerai Makan Termasuk Warteg Diminta Pasang Tirai Penutup Selama Ramadan

- 5 Mei 2019, 19:45 WIB
WARUNG makan.*/DOK PR

CIMAHI, (PR).- Sepanjang ramadan 1440 Hijriyah, usaha kuliner di Kota Cimahi mendapat pembatasan. Diimbau, usaha yang buka sejak siang memasang tirai penutup.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi, Totong Solehudin menyatakan, pemilik usaha kuliner tidak dilarang berjualan selama Ramadan.

"Kepada para pedagang, tanpa membatasi, karena memang usahanya. Tetapi digunakan etika berdagangnya, yaitu pakai tirai penutup saat buka siang hari karena kita harus menghormati muslim yang berpuasa," ujarnya, Minggu, 5 Mei 2019.

Kepatuhan pengusaha warung makan di Kota Cimahi diharapkan cukup baik terhadap imbauan pemerintah tersebut. Misalnya, beroperasi menjelang waktu berbuka puasa, atau memasang tirai di tempat usahanya.

Dikatakannya, Pemkot Cimahi bakal mengeluarkan surat edaran kepada para pedagang agar memasang tirai penutup. Hal itu berlaku seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

loading...

"Surat edaran InsyaAllah nanti ada edaran. Kita akan koordinasi dengan Bagian Kesra dan pihak terkait lainnya," katanya.

Pihaknya tetap akan melakukan patroli wilayah rutin. Seperti ke rumah makan, hanya bentuknya bukan razia melainkan imbauan dan mengingatkan agar kegiatan usahanya disesuaikan dengan etika saat bulan puasa.

"Iya kita mengingatkan, menyapa. Kalau sudah baik sesuai etika ya ditingkatkan lagi. Kalau yang belum kita ingatkan. Itu agar masyarakat bisa saling menghargai dan menghormati saja," katanya.

Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi tidak bisa menegaskan aturan menutup seluruh gerai tempat makan. "Untuk aturan jam buka tidak ada, karena ada perintah dari atasan lantaran kondisi masayarakat Kota Cimahi heterogen. Jadi, saling menghargai saja," tuturnya.***

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X