Minggu, 15 Desember 2019

Pemakaman Korban Longsor Cimahi, Wali Kota Perintahkan Camat dan Lurah Tingkatkan Antisipasi

- 27 April 2019, 18:47 WIB
RIRIN NUR FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Suasana duka mengiringi pemakaman Irna (14) dan Kekey (2), Sabtu 27 April 2019. Keduanya merupakan korban tewas peristiwa longsor yang terjadi di Kampung Gombong, Kelurahan Citeureup, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jumat 26 April 2019 malam. Keluarga sangat terpukul atas hilangnya nyawa dua anak tersebut dalam bencana longsor yang menimpa satu keluarga di kediaman mereka.

Jenazah Kekey dan Irna disemayamkan di rumah duka kerabat di dekat lokasi kejadian. Setelah disalatkan, jenazah langsung dimakamkan di TPU Ciawitali, Jalan Ciawitali, Kota Cimahi.

Yono, ayah Irna sekaligus kakek Kekey, terlihat tak kuasa menahan tangis saat jasad keduanya dimasukkan ke liang lahat. Istrinya, Wawa sempat beberapa kali hampir pingsan. Baik Yono maupun Wawa, juga turut menjadi korban peristiwa tersebut. Beruntung nyawa mereka selamat. 

"Pak Yono hanya luka ringan di kepala. Bu Wawa luka di kaki. Sekarang mereka masih terpukul karena Kekey dan Irna meninggal," kata Hendar (40), kerabat korban.

Kekey merupakan keponakan Irna, keduanya tinggal di rumah milik Yono. Saat longsor menerjang pada Jumat malam, keluarga Yono tertimbun material longsor yang dipicu hujan deras.

Dua korban jiwa yaitu Irna dan Kekey meninggal dunia akibat kejadian tersebut, anggota keluarga lain berhasil diselamatkan. Saat kejadian, Irna dan Kekey berada di kamar tidur, sedangkan enam anggota keluarga lainnya di ruang tengah. 

Longsor yang berlokasi di Gang Lamping Indah itu terjadi sekitar pukul 19.45 WIB. Hujan deras mengguyur sejak pukul 18.00 WIB. Kepala BPBD Kota Cimahi, Nanang mengatakan bahwa hasil asessment menyatakan kejadian bencana longsor dipicu hujan lebat. "Hujan memicu pergeseran tanah di area tebing sehingga longsor dan menimpa rumah dibawahnya. Didalamnya ada 8 orang penghuni," ujarnya di lokasi. 

Di dalam rumah tersebut terdapat 8 orang penghuni. "Ada korban luka, ada juga korban meninggal dunia atas nama Kekey bayi usia 2 tahun dan Irna usia 14 tahun," ucapnya.

Walikota Cimahi, Ajay M Priatna mengatakan, curah hujan yang deras berlangsung cukup lama memicu pergerakan tanah hingga terjadi longsor. Pihaknya memerintahkan camat dan lurah untuk memeriksa titik rawan longsor di wilayah masing-masing. "Dilihat dari kontur tanah, tidak layak untuk rumah huni, makanya harus diantisipasi," katanya.


Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Tags

Komentar

Terkini

X