Rabu, 11 Desember 2019

Media Massa Berperan Penting dalam Mitigasi Bencana Alam

- 25 April 2019, 15:03 WIB
MOTIVATOR nasional Aqua Dwipayana/OKKY ARDIANYAH/PR

BAGI pakar komunikasi, Aqua Dwipayana, media massa berkontribusi besar dalam melambungkan pemahaman masyarakat soal mitigasi bencana alam. Lewat pemberitaan dan data yang dijadikan, media massa dapat menggerus jumlah korban manakala bencana alam menerjang.

“Tugas media itu menyampaikan fakta-fakta yang terjadi ditambah dengan mengingatkan masyarakat bahwa ini sudah terjadi kondisi seperti ini bagaimana upaya mengurangi risiko,” ucap Aqua Dwiyana di kawasan Setiabudhi Bandung, Kamis 25 April 2019.

“Media massa punya peran yang sangat penting sekali. Kalau kita bisa melakuan mitigasi, kita bisa meminimalisir korban-korban dan tidak terulang kembali di daerah lain,” lanjutnya.

Aqua Dwiyana menyatakan bahwa media massa mesti berhati-hati dalam menyajikan informasi terkait bencana alam. Jangan sampai, kata Aqua Dwiyana, informasi yang disebarluaskan justru menghadirkan ketakutan di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, media massa harus bisa memilah informasi apa saja yang layak dikonsumsi masyarakat khususnya soal bencana alam.

“Dengan 126 korban jiwa juga masyarakat sudah dapat membayangkan betapa besarnya banjir di Sentani. Dengan melihat foto lumpur dua meter sudah dapat memperlihatkan besarnya bencana,” ucapnya.

Selain itu, berharap lembaga-lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan, termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), membuka pintu selebar-lebarnya kepada media massa untuk mendapatkan data yang valid.

“BNPB harus benar-benar bersinergi dengan media massa. Media wajib diberikan akses seluas-luasnya soal data bencana alam dan diinformasikan dengan kata-kata sederhana,” ucap Aqua Dwiyana.

“Media massa secara terus-menerus, konsisten, melaporkan data-data dari BNPB dan tim ahli kepada masyarakat. Ini, loh, yang mesti diantisipasi. Itu yang paling penting,” lanjutnya.


Halaman:

Editor: Erwin Kustiman

Tags

Komentar

Terkini

X